MAGELANG – MAN 1 Karanganyar mengikuti kegiatan ESQ di Rumah Makan Semesta Area Kabupaten Magelang pada Sabtu (05/10/2024). Pelaksanaan kegiatan ESQ yang diikuti oleh seluruh guru dan karyawan MAN 1 Karanganyar tersebut berjalan dengan tertib dan kondusif.

Dengan tema “Membangun Kepribadian Berkualitas Pendidik”, dalam kesempatan tersebut Kepala  MAN 1 Karanganyar, Drs. Nuri Hartono menyampaikan bahwa, manusia dibagi menjadi 2 yaitu manusia sebagai makhluk individu yang dimana masing-masing  memiliki karakter yang berbeda. Perbedaan itu terkadang membuat kita sama. Jika sudah memahami karakter pasangan masing-masing, maka akan muncul keharmonisan dan tidak ada dusta di antara kita. Sementara itu, manusia sebagai makhluk sosial yang dimana tidak ada manusia yang dapat memenuhi kebutuhannya sendiri, semua membutuhkan bantuan orang lain. Bagaimana caranya agar kita dapat mengontrol problem-problem emosional.

EQ merupakan kemampuan mendengar suara hati sebagai sumber informasi (kecerdasan emosional) seperti komitmen, loyalitas, dan kepekaan. Sedangkan SQ merupakan kemampuan memberi makna puncak spiritual (kecerdasan spiritual) seperti spiritualisasi pekerjaan.  Tips membangun dan memelihara ESQ diantaranya yaitu :

  1. Jernihkan hati dengan beristighfar
  2. Hidupkan cahaya hati dengan berdzikir dan asmaul husna
  3. Bangun mental dengan bertasbih, bertahmid, bertahlil, dan bertakbir
  4. Bangun ketangguhan pribadi dengan membaca syahadat, shalat, dan puasa
  5. Bangun ketangguhan sosial dengan berzakat dan berhaji.

Semoga kegiatan ini dapat menjadikan keluarga MAN 1 Karanganyar lebih kompak dan lebih giat beraktivitas, kegiatan ini sekaligus untuk menciptakan kenangan indah bersama bapak Kepala Madrasah yang akan purna di akhir bulan oktober tahun ini , pungkas M.Nasrul selaku Ketua Panitia dan  Humas .(ATK&LA_jurnalis)

Categories:

Tags:

Comments are closed

Sambutan Kepala MAN 1 Karanganyar
PROFIL MAN 1 KARANGANYAR PROGRAM KETERAMPILAN
Oktober 2024
S S R K J S M
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031