Dr. H. Saiful Mujab, MA., Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, melakukan kunjungan kerja ke MAN 1 Karanganyar pada Selasa, 9 September 2025. Kunjungan ini bertujuan untuk meninjau pelaksanaan Olimpiade Madrasah Indonesia 2025 Tingkat MA/SMA di seluruh Kabupaten Karanganyar sekaligus mengawal perkembangan madrasah di wilayah Karanganyar dan sekitarnya.
Acara pengarahan berlangsung di ruang TPDR (Teachers Professional Development Room) Kampus 1 MAN 1 Karanganyar ini juga dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar, Dr. H. Hidayat Maskur, S.Ag., M.S.I. Kedua pejabat tinggi Kemenag ini didampingi langsung oleh Kepala MAN 1 Karanganyar, Dr. H. Sumiran, M.Pd.
Dalam paparannya, Kakanwil menyampaikan apresiasi terhadap perkembangan madrasah yang kini menjadi pilihan utama masyarakat. Ia menekankan pentingnya mempertahankan komitmen madrasah dalam mencetak generasi berakhlak mulia, berkarakter, dan menjadi pribadi yang sholih-sholihah.
Kakanwil menjelaskan bahwa madrasah berdiri pada dua pilar utama, yaitu agama dan pendidikan, yang harus berjalan seimbang. Ia mengingatkan pentingnya mencetak siswa yang tidak hanya memahami agama tetapi juga memiliki jiwa kebangsaan yang kuat, terutama di era digital dimana informasi dapat diakses dengan mudah.
Sebagai respons terhadap perkembangan zaman, Kakanwil menyampaikan pentingnya implementasi Kurikulum Berbasis Cinta yang digagas Menteri Agama. Pendekatan ini menekankan pada pemanusiaan manusia dan pengembangan cinta kepada Allah, sesama manusia, lingkungan, dan bangsa.
Kakanwil juga menekankan peran guru sebagai teladan, bukan sekadar sumber pengetahuan. Ia meminta guru untuk meningkatkan kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional, serta mengintegrasikan nilai moderasi beragama dan kebangsaan dalam semua mata pelajaran.
Usai memberikan arahan, Kakanwil dan Kepala Kemenag Kab. Karanganyar serta rombongan diajak berkeliling oleh Kepala Madrasah untuk melihat langsung situasi dan kondisi MAN 1 Karanganyar. Kunjungan ini menghasilkan berbagai saran dan nasihat berharga untuk pengembangan madrasah ke depan. (Humas)





