Di era sekarang yang segalanya serba bebas , bimbingan remaja sangat perlu dilakukan agar mereka tidak terjerumus pada pergaulan bebas yang akan memberikan dampak negatif bagi remaja itu sendiri , terutama para pelajar.

Selasa , 13 desember 2022 Kementrian Kesehatan Kabupaten Karanganyar menggelar acara Bimbingan Remaja Usia Sekolah (BRUS) yang bertempat di gedung multimedia  lantai 3 MAN 1 Karanganyar. Acara ini dibuka dengan menyanyikan lagu indonesia raya yang pimpin oleh salah satu siswa MAN 1 Karanganyar. Dilanjutkan sambutan oleh bapak Roslan. Beliau menyampaikan bahwa salah satu tujuan kementrian kesehatan ini adalah menyiapkan generasi yang berkualitas di masa yang akan datang. Selanjutnya para siswa siswi mendapat bimbingan dari dinas kesehatan kabupaten Karanganyar, bapak Mujiran SKM, S.Kep,M.KM berpendapat tentang Kesehatan Reproduksi (kespro) bagi remaja. Kesehatan reproduksi adalah keadaan sehat utuh tidak semata-mata bebas dari penyakit atau kecacatan yang berkaitan dengan sistem fungsi dan proses reproduksi, remaja perlu mengetahui informasi kesehatan reproduksi untuk menjalankan proses fungsi dan perilaku reproduksi yang sehat dan aman . Para perempuan yang menjadi calon ibu agar dapat melahirkan anak sehat dan bekualitas. Kemudian dilanjutkan bimbingan materi kedua oleh bapak Bambang Wibowo. Pada kesempatan ini para siswa diajak sharing dan menyampaikan pendapat tentang mempersiapkan generasi berkualitas. Disini para remaja digiring untuk mampu berencana sebelum menikah. Persiapan itu diantaranya  rencana administrasi, ekonomi, psikolog, serta reproduksi. Kemudian yang terakhir adalah bimbingan dari ibu Saida Lutfia tentang pergaulan remaja. Beliau menggiring remaja untuk dapat memilih pergaulan yang baik agar tidak terjerumus pada pergaulan bebas contohnya adalah pacaran.

Setelah diadakankannya acara ini diharapkan agar para siswa sadar dampak dari pergaulan bebas serta pernikahan dini. Semoga setelah diadakankanya acara ini menjadikan siswa siswi MAN 1 Karanganyar menjadi generasi berkualitas yang mencaji calon pemimpin bangsa.Tetap semangat menggapai asa dan mimpi -mimpimu wahai remaja berkualitas yang tentunya diikuti attitut yang kualitas pula.

@aulia dwi @andara sinta_man1karanganyar_jurnalistikteam.

Categories:

Tags:

Comments are closed

Sambutan Kepala MAN 1 Karanganyar
PROFIL MAN 1 KARANGANYAR PROGRAM KETERAMPILAN
September 2024
S S R K J S M
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30