Man 1 Karanganyar—Kampus 2, Selasa,(13/12) Segala hal peistiwa memang sangatlah penting jika kita mendapatkan sebuah Motivasiatau dorongan. Motivasi ini dapat diperoleh dari lingkungan diri. Diantaranya keluarga, saudara, teman ataupun calon pendamping hidup. Untuk itu bagi iswa-siswa khususnya kelas XII ini usia rawan atau usia galau untuk meniti masa depan. Supaya mendapatkan yang tepat sesuai keinginan dan kemampuannya,arahan utama yaitu dari madrasah atau sekolah. Nah,untukitulah dari MAN 1 Karangayar  mengadakan sosialisasi mengenai kelanjutan studi universitas setelah lulus yang bertempat di aula gedung asrama putri. Kunjungan tamu dari berbagai kalangan universitas di Jawa Tengah di jadikan sosialisasi perguruan tinggi yang bisa menjadi referensi dan menjadi gambaran saat ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Dari  Universitas Solocom— “Juara 1 Lembaga Berprestasi tingkat nasional. Terakreditasi A, dengan penilaian kinerja sangat memuaskan. Lembaga yang menempatkan lulusannya ke dunia kerja. Lebih 83.000 yang telah lulus dengan kurikulum berbasis dunia kerja dan bekerja sebelum di wisuda.” ujar Bu Ira . Jurusan kampus tersebut diantaranya, digital marketing, computer Bussines, Perbankan, Desain Komunikasi Visual, dan tehnik Komputer.

  Universitas Solocom ini sudah diakui oleh perguruan tinggi swasta. Diketahui dalam lapangan banyak mahasiswa/i yang lulus dalam jangka waktu 3,5 tahun. Adapun Program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK). Program yang bekerja sama dengan dinas pendidikan. Yang diadakan hanya beberapa bulan. Terdapat beberapa materi diantaranya ada Microsoft office seperti word, Excel dan powerpoint. Selain mendapatkan materi terdapat materi AMT, beauty class dan kunjungan industri. Untuk program PKK tidak dikenakan biaya apapun. Dalam program tersebut sudah mendapatkan seragam, buku materi, atk dan sertifikat.

Kunjungan pada sesi kedua adalah dari Lembaga Pendidikan Kejuruan Cahaya Mandiri Indonesia (LPK CMI) merupakan lembaga pengirim peserta magang ke luar negeri dengan lembaga kejuruan unggulan bahasa jepang dan program pelatihan bahasa Jepang. Grup kejuruan meliputi Teknologi Mekanik , Otomotif, Listrik, Bangunan, Tata Niaga dan Pertanian.

Kunjungan pada sesi ketiga adalah dari Universitas Aisyiyah Surakarta (AISKA). Dinyatakan sebagai institusi perguruan tinggi terakreditasi B oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Salah satu perguruan tinggi swasta di Indonesia yang berlokasi di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Perguruan tinggi ini dikelola oleh Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Kota Surakarta. Universitas ‘Aisyiyah Surakarta juga merupakan amal usaha dalam bidang pendidikan satu-satunya yang dikelola oleh Organisasi Perempuan di Jawa Tengah. Pendaftaran untuk masuk Aiska University tidak dipungut biaya dan otomatis menjadi calon mahasiswa serta tidak memiliki seleksi tes masuk.  Memiliki 11 Program Studi, diantaranya D3 Kebidanan, D3 Keperawat, D4 Fisioterapi, Administrasi Rumah sakit, dan S1 Ilmu Keperawatan Aiska University menyediakan beasiswa pendidikan sebanyak 2M. Banyak instansi dari dalam atau luar negeri yang bekerja dengan Aiska University. KIP (Kartu Indonesia Pintar) dapat digunakan untuk mendaftar kuliah di Aiska University dan akan mendapatkan banyak benefit, salah satunya kuliah gratis dan dapat uang saku.

Kunjungan pada sesi ke empat adalah dari Universitas Muhammadiyah Karanganyar (UMUKA) oleh Bapak Sumarno, sebagai Dikdasmen PDM (Pimpinan Daerah Muhammadiyah) Karanganyar, Mas Yusuf sebagai Dosen UMUKA. Universitas Muhammadiyah Karanganyar merupakan perguruan tinggi swasta dibawah naungan Persyarikatan Muhammadiyah.

Universitas Muhammadiyah Karanganyar didirikan dengan menggabungkan atau marger tiga perguruan tinggi swasta di Jawa Tengah, yaitu: Akademi Pariwisata Widya Nusantara Surakarta (AKPARTA) dikelola oleh Yayasan Pendidikan Widya Nusantara, Akademi Sekretari Manajemen (ASMI) Santa Ana Semarang dikelola oleh Yayasan Lembaga Pendidikan Putera Manunggal Sejahtera, dan Akademi Peternakan Karanganyar (APEKA) yang dikelola oleh Yayasan Pendidikan Karanganyar. Ketiga perguruan tinggi tersebut melebur menjadi satu membentuk kampus Universitas Muhammadiyah Karanganyar. Bupati Karanganyar Drs. H. Juliyatmono, M.M akan memberikan paket beasiswa bagi 17 Mahasiswa pendaftar pertama UMUKA hingga lulus kuliah.

Umuka membuka 10 program studi (prodi) yakni S1 Teknik Komputer, S1 Informatika, S1 Bisnis Digital, S1 Akuntansi, S1 Ilmu Komunikasi, S1 Fisioterapi, D3 Produksi Ternak, D3 Perhotelan, D3 Sekretari Digital, dan D3 Bina Wisata.

Banyak tawaran dan pilihan , yang tentunya siswa-siswi harus dapat mengetahui  Bakat dan jurusan apa yang sesuai dengan kemampuan diri, tentunya kalua di madrasah harus konsultasi dengan guru BK dan yang pastinya harus disesuaikan dengan kemampuan kantong ekonomi keluarga juga. Tetap semangat untuk menggapai asa, taka da yang tak mungkin bagi mereka yang berusaha dan tentunya doa dan birulwalidain dukungan utama.Salam sukses

@melvin_@yahya_ man1karanganyar_jurnalistikteam

Categories:

Tags:

Comments are closed

Sambutan Kepala MAN 1 Karanganyar
PROFIL MAN 1 KARANGANYAR PROGRAM KETERAMPILAN
September 2024
S S R K J S M
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30