Karanganyar – ( 20/11 ) Dalam rangka pelaksanaan pelayanan Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BPPP), Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kemdikbudristek, mengadakan kegiatan Asesmen Bakat Minat (ABM) berbasis komputer untuk peserta didik tingkat XII jenjang pendidikan SMA/SMK/MA di seluruh provinsi. ABM sendiri coralbluescarpe ynotsaldi nike dunk nfl marellaabiti akuschuhe cainsmooredonna coralbluescarpe benettonoutlet kleankanteentrinkflasche fracominaabiti loevenichhut nike jordan series 06 borsegabsoutlet capsvondutch motagua jerseymerupakan tes mengukur potensi seseorang yang dirancang untuk memprediksi kemampuannya pada bidang-bidang khusus serta minat seseorang berdasarkan ketertarikannya pada suatu jenis kegiatan atau pekerjaan tertentu.

Manfaat dari gambaran tersebut siswa mendapat kesempatan melanjutkan belajar ke jenjang lebih tinggi atau pada situasi yang baru. Aspek Asesmen Bakat ini meluputi 7 hal yakni, verbal, kuantitatif, penalaran, spasial, mekanika, bahasa, dan klerikal. Kemudian ada Asemen Minat dibagi menjadi 3 yaitu minat dasar, minat metodis, dan minat praktis.

Layanan ini tidak bersifat wajib, satuan pendidikan yang memiliki infrastruktur memadai dapat mengikuti layanan ini. Demi kenyamanan dan kelancaran pelaksanaan layanan ABM ini dilakukan pembatasan peserta per-sesi berdasarkan kuota yang ditetapkan oleh pusat. Hasil dari layanan ABM akan diterbitkan dokumen laporan untuk setiap peserta yang mengikuti tes ABM. Kegiatan ini dilaksanakan di Labortorium Komputer MAN 1 Karanganyar dan diikuti oleh 418 siswa dari kelas XII dari semua jurusan.

Pelaksanaan ABM dilaksanakan secara daring, MAN 1 Karanganyar menyiapkan server lokal yang terhubung dengan server di Pusat, beserta perangkat komputer yang memadai dalam dua ruang laboratorium komputer yang terbagai dalam dua sesi per hari yang dilaksanakan selama tiga hari yakni 20 – 22 november 2023. Menurut Abdullah Jihad Robbani siswa kelas XII, “Kegiatan ini asik karena kita bisa mengetahui kemampuan dan potensi pribadi masing – masing siswa, serta muatan literasi potensi akademik minat bakat siswa dapat dipersiapkan sendiri , “pungkasnya .

MAN 1 Karanganyar _HUMAS

LA & auliadwi _ jurnalist

Categories:

Tags:

Comments are closed

Sambutan Kepala MAN 1 Karanganyar
PROFIL MAN 1 KARANGANYAR PROGRAM KETERAMPILAN
Februari 2024
S S R K J S M
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
26272829