KARANGANYAR – Pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) Kabupaten Karanganyar berperan penting dalam memenuhi kebutuhan masyarakat di bidang kesehatan. Berdasarkan petunjuk dari Dinas Kesehatan Kabupaten Karanganyar tentang Kegiatan Pembinaan Kesehatan Sekolah, pada hari Rabu (25/09/2024) Puskesmas Karanganyar melaksanakan Kegiatan Pembinaan Kesehatan Sekolah berupa skrining kesehatan pada anak usia sekolah dan remaja, serta kegiatan penyuluhan di MAN 1 Karanganyar.

Skrining kesehatan dilakukan oleh dr. Inship U, Nawang, Dwi Fathonah, Narni, Anik, Dini dan Dyah dengan sasaran semua siswa kelas X (sepuluh) berjumlah 438 orang yang didampingi oleh 3 pendamping kesiswaan Budi Widyo Kuncoro, S.Pd, Sri Hartini, S.Pd, dan Slamet, S.Pd serta Pembina PMR, Nerly Kartika, S.Pd dan Suparno, S.Pd.

Kegiatan skrining ini terdiri dari pemeriksaan fisik berupa pengukuran Berat Badan dan Tinggi Badan, serta pengukuran Lingkar Lengan Atas untuk siswa perempuan, pemeriksaan gigi dan mulut, telinga, pemeriksaan mata (kelainan refraksi, buta warna), pemeriksaan Hemoglobin (Hb) bagi siswa perempuan, pembagian Tablet Tambah Darah (TTD), dan pengisian kuesioner SRQ.

Sementara itu, kegiatan penyuluhan dilakukan dengan guru menunjuk 40 siswa kelas XI (perwakilan dari masing-masing kelas) untuk mengikuti kegiatan penyuluhan mengenai Kesehatan Reproduksi pada Remaja, NAPZA, dan Aksi Bergizi. Bagi sekolah yang belum melaksanakan Gerakan Aksi Bergizi Serentak (GABS), siswa diharapkan membawa makanan sehat untuk kegiatan sarapan bersama dalam mengikuti kegiatan penyuluhan. Kegiatan skrining dan penyuluhan yang diadakan di MAN 1 Karanganyar berjalan dengan lancar dan diharapkan semua siswa selalu sehat_LA&ATK jurnalist

Categories:

Tags:

Comments are closed

Sambutan Kepala MAN 1 Karanganyar
PROFIL MAN 1 KARANGANYAR PROGRAM KETERAMPILAN
September 2024
S S R K J S M
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30