MAN 1 Karanganyar – Gerakan Literasi adalah sebuah gerakan dalam upaya menumbuhkan budi pekerti siswa yang bertujuan agar siswa memiliki budaya membaca dan menulis sehingga tercipta pembelajaran sepanjang hayat.

Hari ini tepatnya hari Selasa , 20 Desember, MAN 1 Karanganyar mengadakan workshop literasi GMMB ( Gerakan Madrasah Menulis Buku) bersama Nyalanesia. Nyalanesia hadir untuk bersama-sama menciptakan ekosistem literasi dan pendidikan yang berkemajuan. Workshop atau kelas menulis ini disajikan untuk menempa kompetensi berkarya. Kegiatan ini dibuka oleh  Qomaruddin , M.Ag. dan dilanjutkan  sambutan kepala Madrasah Dr. Lanjar Utami, M.Pd. Pada  Gerakan menulis di madrasah dimulai dari kepala madrasah terlebih dahulu , guru kemudian siswa juga mampu menulis. Maka kali ini ibu Lanjar Utami berkesempatan membacakan karya puisinya didepan para siswa.  Aksi itu pun langsung diberi tepukan apresiasi dari para siswa dan team nyalanesia.

Dari Nyalanesia, kak Eko Setyawan dan kak Faida pada kesempatan kali ini membagikan tips-tips langkah untuk menulis hingga mengenalkan para penulis  yang berasal dari Karanganyar kepada para siswa. kak Eko juga memberikan pemahaman yang mendetail tentang bagaimana cara menulis puisi yang baik dan benar, salah satu tipsnya adalah menyilang kata untuk membangun kalimat yang indah dan tidak pasaran. beliau juga memberitahu bahwa tips menulis itu ada 4 yaitu membaca, membaca, membaca, dan menulis. artinya kita harus membaca kurang lebih 3 karya dahulu baru mulai menulis.

Acara ini berlangsung dari jam 08.00-11.00 WIB, yang diikut ioleh  150 siswa beserta 5 guru pendamping, serta 4 pendamping dari Nyalanesia. Kegiatan berjalan dengan sukses dan lancar. Gerakan  madrasah Menulis berupaya menyiapkan generasi emas  di madarsah dengan cara meningkatkan minat belajar, kompetensi, produktivitas karya dan gagasan.  Semoga dengan diadakannya acara ini,  para siswa lebih bersemangat lagi dalam berkarya. Salam Literasi.

@auliadwi MAN 1 Karanganyar_jurnaistikteam

Categories:

Tags:

Comments are closed

Sambutan Kepala MAN 1 Karanganyar
PROFIL MAN 1 KARANGANYAR PROGRAM KETERAMPILAN
September 2024
S S R K J S M
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30