( Rapat pertemuan wali murid dengan Komite )

MAN 1 Karanganyar – Selasa dan Rabu, 4 – 5/10/ 2022. Setiap orang tua mempunyai pola pandang dan pola pikir yang berbeda ketika mendidik anak- anaknya.  Satu hal yang sama,yaitu ingin menjadikan anak- anak Mereka pribadi yang baik dan sholeh sholihah serta berilmu. Hal inilah yang menjadikan permasalahan dari Madrasah untuk menyatukan pola dan cara supaya satu arah dan satu tujuan dalam menstrategikan pendidikan anak dengan mengajak silaturrahmi dengan orang tua siswa yaitu parenting.

Parenting sendiri adalah istilah keren yang dipakai untuk menstimulus psikologi siswa dan orang tua serta guru atau pihak sekolah untuk menjadikan  satu  pola didik. Jadi ada istilah. satu kata dalam mendidik sehingga anak tidak bingung dan tentunya lebih efektif, karena antara pihak Madrasah dan orang tua serta siswa dapat terpahami kemana arah permasalahan dan penyelesainnya.  Hal ini tentunya tidak lepas dari kolaborasi BP maupun semua warga Madrasah terkait. Parenting ini dihadiri semua orang tua siswa dari kelas X,XI dan XII.

Dalam kegiatan ini Dr. Lanjar Utami, M.Pd. mengajak para wali murid untuk meningkatkan kualitas pendidikan juga ibadah muamalah ilmunya.

Sinergi Sangat dibutuhkan, dalam mendidik mendewasakan anak menuju sholeh husnul khotimah. Sinergi Madrasah dengan orang wali murid, mengasuh generasi Sholih, sehingga

Madrasah menjadi dambaan umat  dan masyarakat sekitar, dan menciptakan siswa yang selalu mendoakan orang tua.

Tindak lanjut dari kegiatan parenting ini adalah terbentuknya paguyuban kelas pembentukan komite untuk periode berikutnya. Paguyuban kelas dirasa penting mengingat perlunya komunikasi yang jelas antara madrasah dengan wali murid. Harapannya wali murid selalu peduli dengan program–program madrasah dan andil dalam kemajuan madrasah.

Untuk penguatan siswa Sholih diatur melalui kurikulum sesuai visi madrasah yang paling awal untuk membentuk insan yang akhlakul karimah. Dan disisi lain untuk menghindari terjadinya learning loss wali murid diharapkan dapat mensikapi progres guru dalam membimbing siswa dan mendukung gerakan antisipasi terhadap perubahan perilaku siswa yang dirasa kurang tepat. Madrasah senantiasa mendorong siswa untuk terampil dan mandiri. Guru dan wali murid bekerja sama dalam menciptakan siswa yang berwawasan global, siap tumbuh kembang yang sesuai dengan zamannya.

                                                                                                                                                    Dalam menyikapi Penguatan Profil Pelajar Pancasila, MAN 1 Karanganyar sebagaimana arahan Kemenag menambahkan aspek rahmatan Lil alamin yang dilakukan dengan baca Al quran , dzikir , dhuha, olahraga  dengan bertadabur alam lingkungan madrasah,  makan sehat. Untuk itu diselenggarakan Jumat Barokah dengan Siswa membawa bekal sendiri yang dibawa dari rumah.  Program sehari tidak jajan, dengan pola makan sehat. Program lainnya adalah aktifitas birul walidain yang dijadikan laporan kegiatan, dikumpulkan dan dibuktikan dengan foto. Pembisaan sapa, senyum, menunduk, salim, pamit ini sangatlah penting karena dari pembiasaan siswa yang nantinya atitut akan terbentuk dengan sendirinya akan menjadi suatu kebiasaan..

Ramah Tamah berikutnya sambutan Komite Madrasah Bapak Drs. H. Abdul Basir,M.B.A.

Ucapan selamat datang, yang menggarisbawahi penyampaian Ibu Kepala, agar anak didik bisa menangkap ilmu. Untuk menjadi ilmuwan perlu akhlakul  Karimah dan didukung oleh orang tua yang peduli terhadap ibadah dan karakter.   Anak didik.Orang tua dan Madrasah berupaya untuk meningkatkan kualitas siswa , sehingga nantinya siswa dapat mencukupi kebutuhan hidup, meningkatkan kualitas hidup secara mandiri. Orang tua jangan disibukkan dengan mencari duit sehingga melupakan mendidik anak. Selanjutnya mendoakan anak dan melengkapi pembiayaan. Yang terakhir hendaklah istiqomah dalam membina dan mendoakan anak.

MAN 1 Karanganyar – Jurnalistim

Categories:

Tags:

Comments are closed

Sambutan Kepala MAN 1 Karanganyar
PROFIL MAN 1 KARANGANYAR PROGRAM KETERAMPILAN
September 2024
S S R K J S M
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30