4 Oktober 2022

MAN 1 Karanganyar

Madrasah Aliyah Plus Ketrampilan dan Riset

ZONA INTEGRITAS

Pembangunan Zona Integritas adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK/WBBM melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Oleh karena itu melalui reformasi birokrasi merupakan langkan awal untuk melakukan penataan sisstem penyelenggara pemerintahan yang baik, efektif, dan edisien, sehingga dapat melayani vepat, tepat, dan professional.

Dalam    rangka   pelaksanaan    program    Reformasi    Birokrasi tersebut, Pemerintah telah  menerbitkan  Peraturan  Presiden  Nomor 81  Tahun   2010   tentang   Grand   Design   Reformasi  Birokrasi  yang mengatur    tentang    pelaksanaan    program    Reformasi    Birokrasi. Peraturan   tersebut   menargetkan   tercapainya   tiga   sasaran   hasil utama  yaitu   peningkatan   kapasitas   dan   akuntabilitas organisasi, pemerintah yang bersih dan bebas KKN, serta peningkatan pelayanan publik.

Kementerian  Agama dalam  hal  ini  Inspektorat  Jenderal  telah melakukan    pembangunan   zona    integritas   melalui  pilot project pembangunan     zona     integritas     terhadap      beberapa Satuan Organisasi/Satuan Kerja/Unit  Pelaksana Teknis  pada  Kementerian Agama berdasarkan  Keputusan  Menteri  Agama  Nomor  265  Tahun 2015    tentang   Penetapan    Satuan    Kerja    sebagai    Pilot     Project Pembangunan Zona Integritas  Menuju Wilayah Bebas dari  Korupsi dan  Wilayah  Birokrasi   Bersih dan Melayani pada   Kementerian Agama, yang  telah menetapkan  kegiatan  tersebut pada  107  Satuan Organisasi pada Kementerian  Agama.  Hasil  pelaksanaan  program tersebut  terdapat  beberapa Satuan  Organisasi  yang telah diusulkan menjadi  Satuan Organisasi  berpredikat  Wilayah Bebas  dari Korupsi kepada Kementerian PAN dan RB.

Oleh karena itu,  dalam  rangka pembangunan zona  integritas pada Satuan  Organisasi/Satuan Kerja/Unit  Pelaksana  Teknis  pada Kementerian Agama secara  menyeluruh,   maka  program  ini  perlu dikoordinasikan secara    terintegrasi    melalui    mekanisme    yang ditetapkan    dalam    petunjuk    pelaksanaan    pembangunan    Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih  dan   Melayani  pada  Kementerian  Agama.

Adapun kelompok kerja dalam Zona Integrasi

A. Manajemen Perubahan

Manajemen perubahan bertujuan untuk mengubah secara sistematis dan konsisten mekanisme kerja, pola piker serta budaya kerja indifidu pada sator/satker/UPT yang dibangun, sehingga peminmpn Sator/satker/UPT wajib meningkatkan komitmen seluruh jajaran pimpinan da pegawai sator/satker/UPT dalam membangun ZI menuju WBK dan WBBM Lingkungan Madrasah Aliyah Negeri 1 Karanganyar.

B. Penataan Tata Laksana

Penataan tata laksana bertujuan untuk meningkatkan efisien dan evektifitas system, proses dan prosedur kerja yang jelas, efektif efisien dan terukur pada Satkor/satker/UPT ZI menuju WBK dan WBBM Lingkungan Madrasah Aliyah Negeri 1 Karanganyar.

C. Penataan system manajemen

Penataan system manajemen  SDM bertujuan untuk meningktkan profesionalisme SDm aparatur pada Sator/Satker/UPT ZI.

D. Penguatan akuntabilitas

Akuntabilitas kerja adalah perwujudan kewajiban kementrian agama untuk mempertanggungjawabkan keberhasilan/kegagalan pelaksanaan program dan kegiatan dalam mencapai misi dan tujuan organisasi.

E. Penguatan pengawasan

Penguatan pengawasan bertujuan untuk meningkatkan penyelenggarakan pemeliharaan yang bersih dan bebas KKN pada Kementrian Agama.

F. Peningkatan kualitas pelayanan publik

Peningkatan [elayana public merupakan suatu upaya untuk meningkatkan kualitas dan inovasi pelayana public pada kementrian agama secara berkala sesuai dengan kebutuhan dan harapan masyarakat. Disamping itu, peningkatan kualitas pelayana public dilakukan untuk membangun kepercayaan masyarakat terhadap penyelenggara pelayanan public dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan menjadikan keluhan masyarakat sebagai sarana untuk melakukan perbaikan.

Copyright © MAN 1 Karanganyar All rights reserved. | Newsphere by AF themes.