30 September 2022

MAN 1 Karanganyar

Madrasah Aliyah Plus Ketrampilan dan Riset

VALIDASI INSTRUMEN AKMI DIGELAR DI MAN 1 KARANGANYAR

1 min read

Karanganyar – MAN 1 Karanganyar melaksanakan Validasi instrumen Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) tahun 2022. Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia, disingkat AKMI adalah asesmen yang dilakukan pada siswa madrasah sebagai metode penilaian yang komprehensif untuk mendiagnosis kelebihan dan kelemahan siswa pada literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains dan literasi sosial budaya termasuk survei karakter. Hasil asesmen dapat digunakan oleh guru dan madrasah untuk memperbaiki layanan pendidikan yang dibutuhkan siswa sebagai dasar untuk menyusun suatu rancangan pembelajaran.

Sebelum AKMI dilaksanakan pada Madrasah piloting, MAN 1 Karanganyar, bersama MAN 4 Kebumen dan MAN 1 Kota Semarang ditunjuk untuk melaksankan Validasi instrument AKMI. Validasi instrumen terhadap semua siswa kelas XI MAN 1 Karanganyar berlangsung dua hari, Senin-Selasa, tanggal 22 dan 23 Agustus 2022. Sebelum pelaksanaan validasi, Jum’at-Sabtu, 19-20 Agustus 2022, diawali dengan simulasi untuk menguji kesiapan perangkat di MAN 1 Karanganyar.  Semua ruang siap digunakan dengan WIFI yang siap untuk mendukung pelaksanaan validasi secaar online.

Kepala MAN 1 Karanganyar, Dr. Lanjar Utami, M.Pd. menyatakan bahwa MAN 1 Karanganyar bersyukur ditunjuk sebagai salah satu peserta validasi instrument, walaupun pada saat yang bersamaan sebagian siswa kelas XI (50 siswa) juga mengikuti Asesmen Kompetensi Berbasis Komputer yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek. “Alhamdulillah sarana prasarana MAN 1 Karanganyar dapat dimanfaatkan untuk memberikan pelayanan para siswa berkesempatan untuk andil dalam proses validasi instrument AKMI. Para wakil kepala dan operator sudah mumpuni dalam persiapan dan pelaksanaan hingga akhir kegiatan, secara teknis”, katanya (HA).

Copyright © MAN 1 Karanganyar All rights reserved. | Newsphere by AF themes.