PERINGATI HARI KESAKTIAN PANCASILA, TANAMKAN KARAKTER CINTA TANAH AIR DAN BANGSA

Kata pahlawan mempunyai makna yang sangat luas, diantaranya pahlawan keluarga, pahlawan rumah tangga, pahlawan di tempat kerja dan pahlawan di mana saja. Sebutan untuk pahlawan ini ada pahlawan yang dikenal dan pahlawan tak dikenal. Pahlawan dikenal dapat kita ketahui melalui sejarah sejarah negara jika itu pahlawan negara, sejarah keluarga jika itu pahlawan keluarga. Nah, sebutan pahlawan tak dikenal lewat kapasitas yang mana, yaitu pahlawan yang berjuang tanpa pamrih dan ikhlas semata karena Allah. Yang pepatah mengatakan berikan tangan kananmu jangan sampai tangan kirimu mengetahuinya. Siapakah Mereka, para ulama yang berjuang tanpa di ekspos, para pemberi sedekah yang tidak di kontenkan dan Para Si berbuat baik yang lain dan tidak dapat disebutkan satu persatu. Sebenanya benang tipis yang membedakan keduanya. Tergantung pada niat masing-masing. Untuk menumbuhkan rasa cinta kita ke tanah air  tercinta ini tak usah banyak teori ketika Kita mendidik anak-anak, akan tetapi sebaiknya dengan contoh dan tindakan.

Salah satu contoh menberikan pembelajaran cinta tanah air ke siswa diantaranya dengan menghormati para pahlawan yang telah gugur dengan melaksanakan upacara dan mencontoh sifat- sifat Mereka yang diterapkan di kehidupan sehari – hari. Pada Hari kesaktian Pancasila yang jatuh pada tanggal  1 Oktober merupakan hari yang diperingati untuk mengenang para pahlawan yang gugur saat  peristiwa G30S/PKI. Maka dari itu pada Sabtu, 1 Oktober 2022 MAN 1 Karanganyar melaksanakan upacara peringatan hari kesakitan Pancasila.  Upacara ini diikuti oleh seluruh pegawai, Guru dan Peserta didik dengan Dr. Lanjar Utami, M. Pd sebagai Pembina upacara di kampus utara. Sedangkan kampus selatan dengan Pembina Drs. Hadi Santoso, M.Pd.  Upacara berjalan dengan  lancar dan khidmat.

Upacara dilanjutkan dengan pelantikan 35 anggota OSIS, 35 anggota Ambalan, 39 anggota PMR dan 17 anggota KBIT yang  dilantik oleh Dr. Lanjar Utami, M. Pd.  Sebelum pelantikan Dr Lanjar Utami,  M. Pd. membacakan janji-janji yang diikuti oleh para anggota organisasi.  Diharapkan anggota-anggota yang dilantik dapat menjaga nama baik almamater , dapat melaksanakan proker yang dibuat serta dapat memajukan Madrasah tercinta , MAN 1 Karanganyar ini.

Demikian pelaksanaan upacara dan pelantikan para pahlawan organisasi MAN 1 Karanganyar  Hal ini merupakan salah satu contoh kepahlawanan yang tak harus memanggul senjata yang dapat menewaskan musuh dengan pelurunya.  Akan tetapi Pahlawan di kemerdekaan ini adalah bentuk seberapa besar kebermanfaatan kita untuk orang lain. Tetaplah berjuang walau menjadi pahlawan tak di kenal. Salam untuk para pahlawan dimanapun Kalian berada

@Arifinabi_jurnalistikteam.