30 September 2022

MAN 1 Karanganyar

Madrasah Aliyah Plus Ketrampilan dan Riset

Sebanyak 52 Siswa MA Se-Kab.Karanganyar Mengikuti Kompetisi Sains Madrasah 2022

2 min read

Karanganyar – Kompetisi Sains Madrasah (KSM) adalah sebuah ajang berkompetisi dalam bidang sains yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Kompetisi Sains Madrasah diselenggarakan mulai dari tahun 2012 hingga tahun 2022 dilakukan secara konvensional dan pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah berbasis teknologi dimulai sejak tahun 2018 sampai dengan sekarang. Kali ini kompetisi Sains Madrasah 2022 tingkat kabupaten yang dilaksanakan di MAN 1 Karanganyar pada tanggal 13 Agustus 2022 yang di ikuti oleh 52 peserta MA dari Kabupaten Karanganyar, acara dimulai pukul 06.00-07.00.

Sambutan Kakankemenag Kab. Karanganyar
Drs. H. Wiharso, MM.

Pembukaan KSM kali ini dilaksanakan secara hybrid atau kombinasi antara online dan offline yang diikuti oleh Kakankemenag Kab. Karanganyar,Kasubag TU Kepala seksi Pendidikan Madrasah,Pengawas Madrasah, dan Kepala Madrasah MA Se-Kabupaten karanganyar.

Acara didahului dengan laporan dari Ketua Komite KSM sekaligus  Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar, Hj. Siti Muzayanah AM, SH., M.Si. Dalam laporannya, bu Mumun panggilan akrab Kasi Penmad menyampaikan bahwa KSM tingkat Kabupaten Karanganyar tahun 2022 diikuti  350 siswa, terdiri dari Siswa MA sebanyak 52 anak, siswa MTs 119 anak dan siswa MI sebanyak 179 anak. Adapun tempat pelaksanaannya dibagi menjadi lima lokasi, tingkat MA berada di MAN 1 Kaanganyar, tingkat MTs di MTsN 2 karanganyar sedangkan tingat MI dilaksanakan di MIN 1, MIN 2 dan MIN3.

Laporan Ketua Komite KSM, Hj. Siti Muzayyanah, SH. M.Si

­­­Kasi penmad berharap pelaksanaan KSM ini bisa memacu prestasi siswa siswi madrasah, utamanya dikabupaten Karanganyar. Siswa-siswi terbaik nanti akan dikirim mengikuti KSM tingkat provinsi yang akan dilaksanakan pada bulan September 2022.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar Drs H. Wiharso, MM dalam sambutannya menyampaikan; selain untuk berkompetisi KSM ini diharapkan bisa membentuk siswa menguasai kecerdasan Kognitif, Kecerdasan Emosional, kecerdasan Spiritual dan kecerdasan transedental. Wiharso berharap seluruh siswa peserta bisa mengikuti KSM dengan baik, dan pelaksanaan KSM tingkat Kabuapten karanganyar bisa berjalan baik dan lancar tanpa halangan sauatu apa, selanjutnya membuka KSM dengan bacaan Basmalah.
Proses pendaftaran dan seleksi administrasi hingga pelaksanaan tes memanfaatkan Teknologi Informasi guna meningkatkan akuntabilitas dan transparansi dalam pelaksanaan kompetisi. Kompetisi Sains Madrasah 2022 dibuka untuk Satuan Pendidikan baik dari Madrasah (MI,MTs,MA) ataupun dari Sekolah (SD/SMP/SMA Sederajat). Kurang lebih jam 07.00 acara pembukaan ditutup dengan doa bersama yang dipimpin oleh  Pengawas Madrasah Aliyah Heru Prasojo, S.Ag. selanjutnya seluruh jajaran pejabat Kemenag Kabupaten Karanganyar dan Kepala-kepala Madrasah  yang hadir memberikan ucapan selamat dan doa bagi peserta KSM dengan berjabat tangan.

Pelaksanaan KSM Tingkat Kabupaten Karanganyar tahun 2022

Semoga KSM 2022 tingkat kabupaten ini bisa menjadi wadah yang positif untuk mengembangkan prestasi akademik siswa dalam menunjukkan kemampuan terbaiknya menjadi siswa Madrasah yang unggul dan berkarakter.

Copyright © MAN 1 Karanganyar All rights reserved. | Newsphere by AF themes.