Menyongsong tahun pelajaran baru 2020/2021 MAN 1 Karanganyar selenggarakan review kurikulum. Kegiatan silaksnakan pada hari Sabtu, 11 Juli 2020 di aula lantai II Gedung Laboratorium multimedia dengan peserta seluruh guru MAN 1 Karanganyar. Tampil sebagai nara sumber pada acara tersebut adalah H. Juwair, S.Ag.MM. MSi kasi kurikulum Kanwil Kanwil Kemenag Prov Jateng.

H. Juwair, S,Ag, MM.M.Si menyampaikan strategi pembelajaran dimasa pandemi

Review kurikulum bertajuk “Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19” dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesesehatan. Hal ini terlihat bahwa dipintu masuk gedung disediakan hand sanitizer, semua peserta memakai masker dan tetap jaga jarak aman.

Inti dari review kali ini adalah bagaimana melaksanakan pembelajaran di masa pandemi dengan sebaik-baiknya. Yang harus dilakukan adalah Pembelajaran Jarak Jauh atau disebut PJJ. Perlu dibuat kurikulum darurat untuk pelaksanaan ini pembelajaran Jarak Jauh ini. Pembelajaran Jarak Jauh bisa menggunakan berbagai media yang ada saat ini. Di Kementerian Agama sendiri sudah diluncurkan E-Learning yang bisa dimanfaatkan sebai-baiknya. Semua guru harus meenguasai IT sehingga pembelajaran bisa berjalan dengan baik. Selain itu perlu dukungan infrastruktur yang memadai.

Begitupun dengan MATSAMA (Masa Ta’aruf Siswa Madrasah), pada tahun tahun ini dilaksanakan secara daring. Madrasah tidak diperkenankan mengumpulkan siswa secara luring/tatap muka. Hal ini dilakukan demi menghindari penyebaran penularan covid-19.

By admin