Seperti tahun lalu hari ini (Jum’at 13 September 2019) MAN 1 Karanganyar bentuk Paguyuban Orang tua wali murid. Acara pembukaan dilaksanakan di Aula MAN 1 Karanganyar dan selanjutnya pembentuk paguyuban dilaksanakan di ruang kelas masing-masing. Peserta yang diundang adalah seluruh orang tua/wali murid baik kelas X, XI dan kelas XII.

Acara dimulai dengan sambutan Kepala MAN 1 Karanganyar, Dr. Hj. Lanjar Utami, M.Pd. Dalam sambutannya kepala yang baru saja meraih gelar doctor di UNS Surakarta ini menmyampaikan bahwa MAN 1 Karanganyar memiliki tiga lokasi, Kampus 1 berada di Jalan Ngalian No 4 (AW Monginsidi Karanganyar) yang berfungsi sebagai pusat Pembelajaran kelas regular, Kampus 2 berada di Jalan Ngalian no 28, kampus dua dipergunakan sebagai tempat pembelajaran Keterampilan, Keagamaan dan Asrama.

Selanjutnya ibu yang meraih gelar doctor dengan kumloude ini, menjelaskan tentang visi misi Madrasah. Visi Madrasah adalah menjadi menjadi mandarasah yang unggul dalam membentuk insan yang berakhlak mulia dan berwawasan Global.

MAN 1 Karanganyar terus meningkatkan pelayanan dalam mencapai visi dan misinya antar lain dengan mengoptimlakn pengembangan diri siswa. Bidikan Pengmebangan potensi siswa diantaranya adalah menyambut program unggulan madrasah Kemnterian Agama antara lain Robotik, Myres, OSN/KSM/AKSIOMA, Syiar Anak Negeri. Selain juga juga program dari Madrasah antara lain Tahfidz, Olah raga, Pramuka Jurnalistik Asrama dan lain-lain. Hal ini diperlukan untuk potensi yang dimiliki siswa, agar bias lebih optimal.

Salah satu keberhasilan pembinaan ini antara lain jumlah siswa yang diterima di Pertguruan Tinggi meningkat, Tahun ini memberangkatkan satu siswa mengikuti pertukaran pelajar di Amerika Serikat dan pada tanggal 16 September akan memebrangkatkan dua siswa untuk mengikuti grand final Myres yang disleenggarakan oleh Kementerian Agama di Manado.

Selanjutnya dalam mencapai madrasah yang hebat bermartabat MAN 1 Karanganyar terus meningkatkan segala usaha secara sinergi, ke depan diprogramkan wajib Asrama satu pekan bagi seluruh siswa. Kegiatan ini untuk melatik mendidik dan mengarahkan siswa untuk hidup mandiri dan meningkatkan prestasi masing-masing.

Di akhir sambutannya Lanjar Utami utami mengajak orang tua/wali murid untuk senantiasa menjalin komunikasi yang baik dengan madrasah. Sehingga orang tua juga berperan aktif dalam pendidikan anak, jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak dinginkan.

Sementara itu Ketua komite MAN 1 Karanganyar Drs.H. Abdul basir MBA menyampikan bahwa Kepal Madrasah seorang waniya itu ternyata ada ghiroh tersendiri apalgi kepala Madrasah yang sekarang ini Ibu Kanjar Utamua seorang wanita yang energik dan baru saja meraih gekar doctor, maka marimkita duikung agar bias mewujudkan madrsah yang hebat bermartabat.

Ketua komite yang juga mantan Kepala MAN 1 Karanganyar, Kepala Kantor kemenag dan juga pernah menjadi anggota DPRD Provinsi ini menyampaikan bahwa hari ini kita tidak akan membahas dana, “panjenengan mboten bade ditariki dana, naming monggo sareng-sareng membentuk paguyuban orang tua” tandasnya.

Dengan paguyuban ini nanti silakan bap/ibu untuk mengadakan pertemuan rutin atau pengajian paguyuban orang tua seperti tahun-tahun sebelumnya.  Hal ini agar orang tua ikut aktif supaya anak-anak kita yang memiliki atau iokut program keterampilan benar-benar jadi anak yang termampil dan mandiri,. Anak-yang ingin melanjutkan kuliah bias melanjutkan ke Perguruan tinggi yang diidam-idamkan, anak yang memiliki potensi menghafal Al Qur’an bias benar-benar menjadi hafidz hafidzoh.

Selanjut dari semua orang tua/wali ini akan diambil 3 orang sebagai perwakilan untuk menjadi anggota komite.

By admin