Program Gerakan Sekolah Menulis Buku (GSMB) MAN 1 Karanganyar Tahun 2022.

MAN 1 Karanganyar – Literasi meupakan kemampuan membaca dan menulis seseorang,  menambah pengetahuan dan keterampilan, berpikir kritis dalam memecahkan masalah, serta kemampuan berkomunikasi secara efektif yang dapat mengembangkan potensi dan berpartisipasi dalam kehidupan masyarakat. Istilah keren dari literasi sekarang, suatu kegiatan yang bekerja sama dan mencakup semua bidang ilmu. Untuk itu setiap manusia sebenarnya berbakat ke arah sana,  namun bakat itupun ada segi prioritas yang lebih menonjol  atau lebih kelihatan. Sehingga dengan hal inilah manusia disebut mempunyai kelebihan .

Senin, 21 November  2022  tepatnya pukul 07.00 WIB, MAN 1 Karanganyar mengadakan pertemuan kegiatan literasi.  Kegiatan ini merupakan program dari semua guru Bahasa di MAN 1 Karanganyar in, Yaitu kumpulan dari guru Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Bahasa Jawa, dan Bahasa Indonesia. Kegiatan ini dibuka oleh  Kepala Madrasah  Dr. Lanjar Utami, M.Pd. Tentunya dibarengi dengan ucapan motivasi  semangat dari bapak ibu guru untuk terus berkarya serta untuk selalu berani mulai  menulis. Tujuan diadakannya acara ini selain mengumpulkan peserta literasi terpilih yaitu 100 puisi terbaik dan 50 peserta cerpen terbaik, juga untuk mengisi profil para peserta. Pengisian profil ini berupa  data diri yang dmulai dari nama hingga hobi. Langkah selanjutnya akan dipilih 10 peserta terbaik penulisan puisi dan 10 peserta terbaik penulisan cerpen, juga 1 karya puisi dan 1 karya cerpen koordinator  atau guru.

Acara ini berakhir pada pukul 08.20 WIB, diharapkan siswa siswi yang terpilih mengikuti kegiatan lomba literasi ini dapat menggugah semangat siswa dalam berkarya. Karena peserta saat ini adalah motor atau penggerak pertama yang selanjutnya akan diikuti oleh karya – karya dari siswa lain atau dari adik kelasnya kelak.  Untuk selanjutnya semoga lebih hebat lagi dalam berkarya.  Salam literasi dan tetaplah berkarya, sukses untuk kita semua.

@auliadwi_jurnalistikteam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.