Pengembangan Kompetensi Guru dan Bedah Soal AKM Bagi Guru Dan Siswa

Sabtu, 28 Agustus 2021

Karanganyar (MAN 1 Karanganyar) – – pengembangan kompetesi guru dan besah soal AKM (asesmen kompetesi minimum) MAN 1 Karanganyar tahun 2021.

            AKM (asesmen kompetesi minimum) adalah penilaian kompetesi mendasar yang diperlukan oleh peserta didik untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat. AKM (asesmen kompetesi minimum) menyajikan masalah-masalah dengan berbagai konteks yang diharapkan mampu diselesaikan oleh peserta didik dengan menggunakan komponen literasi membaca dan numerasi. Dua kompetisi AKM yaitu literasi dan numerasi, dimana literasi bertujuan untuk mengukur kemampuan,memahami,mengevaluasi dan mereferensikan jenis teks sedangkan numerasi dilaksanakan untuk mengukur kemampuan berfikir menggunakan konsep, prosedur,fakta dan alat matematika untuk menyelesaikan permasalahan.

            MAN 1 KAranganyar melaksanakan pengembangan dan bedah soal AKM (asesmen kompetesi minimum) yang dibuka langsung oleh kepala madrasah DR.Lanjar Utami,M.Pd di aula MAN 1 Karanganyar, kegiatan ini diikuti oleh guru MAN 1 Karanganyar.

Dengan adanya AKM ini diharapkan datap mengembangkan kemampuan literasi dan numerasi para siswa dan siswi MAN 1 Karanganyar untuk menciptakan generasi yang maju dan dapat bersaing di dunia pendidikan.