30 September 2022

MAN 1 Karanganyar

Madrasah Aliyah Plus Ketrampilan dan Riset

PENGAJIAN KELUARGA MAN 1 KARANGANYAR: SARANA DHIKRULLOH DAN MERAIH KEBAHAGIAAN DUNIA AKHERAT

2 min read

Karanganyar (MAN 1 Karanganyar) – MAN 1 Karanganyar memiliki salah satu agenda rutin yakni pengajian keluarga. Salah satu tujuan kegiatan ini adalah untuk mempererat tali silaturrahmi antar guru pegawai beserta anggota keluarganya. Pengajian keluarga dijadwalkan setiap sebulan sekali, sehingga dalam satu tahun dapat dilaksanakan sebanyak 12 kali. Seluruh guru dan pegawai MAN 1 Karanganyar dibagi menjadi 12 kelompok yang bertugas sebagai penyelenggara pengajian lengkap dengan para petugas.

Ahad (13/03), seluruh civitas MAN 1 Karanganyar bersama anggota keluarga masing-masing menghadiri pengajian yang dilaksanakan di aula 1 MAN 1 Karanganyar. Jadwal penyelenggara pengajian pada bulan Maret ini adalah kelompok ketiga sebagaimana jadwal yang sudah dirancang oleh Wakil Kepala Bidang Kehumasan, A. Syaifudin Zuhri, SE, MM. Kelompok penyelenggara pengajian telah hadir jauh lebih awal dan mempersiapkan segala rangkaian kegiatan pengajian. Para petugas among tamu menyambut kehadiran keluarga Besar MAN 1 Karanganyar yang hadir.

Acara pengajian ini dipandu oleh Ibu Roisyah, S.Pd.. selaku pembawa acara. Pengajian diawali dengan tadarus bersama membaca Q.S. An Nisa Ayat 15 sd 21 yang dipimpin oleh Bapak Shofwan Haviedh, M.PdI. Ruang aula tampak penuh dan ada yang duduk di serambi depan, walau masih ada beberapa guru dan tenaga kependidikan yang berhalangan hadir.

Pada kesempatan ini pengajian diisi oleh ustadz Qomaruddin, M.Ag. Beliau selama kurang lebih 30 menit menyampaikan materi tentang kualitas hidup setiap individu. “Setiap individu adalah seorang pemimpin dan di akherat akan mempertanggung jawabkan atas apa yang dilakukan selama di dunia, bagaimana memanfaatkan umurnya, ilmunya dan rizqinya” tegasnya. Beliau menyampaikan tausiah dengan tenang, santai, dan komunikatif.   

Ustadz Qomarudddin menambahkan bahwa rasa syukur kita mempengaruhi cara kita beribadah. Pada akhir kajian, ustadz Qomaruddin, M.Ag menegaskan bahwa kebahagiaan dalam hidup tergantung pada bagaimana kita memahami tentang kehidupan yang kita jalani.

Kepala MAN 1 Karanganyar, Dr. Hj. Lanjar Utami, M, Pd, yang juga hadir bersama suami menyampaikan sambutan pengarahan sekaligus pembinaan kepada keluarga besar MAN 1 Karanganyar. “Pengajian keluarga MAN 1 Karanganyar merupakan ajang silaturrahmi dan dhikrulloh untuk menggapai kebahagiaan keluarga dunia akherat, ungkapnya”. Beliau menambahkan bahwa melalui majelis ilmu yang diikuti secara rutin, suami-istri diingatkan untuk selalu mengingat Allah sesuai dengan perannya dalam keluarga. Peran ayah dan ibu harus dijalankan dalam membentuk keluarga sakinah mawaddah warohmah. Pendidikan anak itu ternyata dimulai dari sejak awal seorang laki-laki akan menentukan calon ibu dari calon anaknya. pungkasnya”. Beliau mengajak dan mengingatkan seluruh keluaraga besar MAN 1 Karanganyar untuk membangun komunitas ibadah dalam keluarga yang solid antar anggota keluarga untuk menggapai ridho Allah.

Pengajian keluarga besar MAN 1 Karanganyar berlangsung kurang lebih selama 2 jam mulai pukul 07.00 sd. 09.00 WIb dengan harapan semua keluarga dapat mengatur waktu untuk beraktifitas lainnya baik di madarasah, keluarga, dan masyarakat. Semoga pengajian keluarga besar MAN 1 Karanganyar selalu memberikan manfaat bagi semua (HA).

Copyright © MAN 1 Karanganyar All rights reserved. | Newsphere by AF themes.