Upacara Hari Pahlawan 10 November 2022 , MAN 1 Karanganyar

Karanganyar – Pahlawan sebuah sebutan untuk orang yang berjasa tidak hanya berjuang bagi bangsa dan negara,  akan tetapi Mereka yang berperan membela segala hal yang positif adalah pahlawan di era ini. Pahlawan rela mengorbankan tenaga, pemikiran, waktu, bahkan nyawa demi  memperjuangkan bangsanya itu perjuangan dahulu.  Sebagaimana kita akan” berflashback” ke Tanggal 10 November yang diperingati sebagai Hari Pahlawan. Sebagaimana pada tanggal tersebut terjadi peristiwa pertempuran besar di Surabaya, tepatnya tanggal 10 November 1945. Untuk itu di Indonesia ditetapkanlah Hari Pahlawan . Peringatan hari pahlawan ini bertujuan untuk mengenang dan menghormati para pejuang  dalam mempertahankan kemerdekaan. (10/11) Untuk itu di tanggal tersebur semua instansi pemerintah wajib melaksanakan upacara. MAN 1 Karanganyar melaksanakan upacara di dua tempat, Kampus 1  dengan pembina M. Agus Fuadi, M.Pd. Sedangkan kampus 2 pembina Noor Ihsanuddin, S.Pd. Upacara ini diikuti oleh semua siswa dari kelas X, XI, XII serta guru dan karyawan .

Pada upacara kali ini pembina menyampaikan amanat yang bertema Perjuangan Pahlawan. Pembina berpesan untuk mengingat perjuangan para pahlawan dengan berbekal senjata, saat ini kita juga berjuang yakni berjuang melawan teknologi. Saat ini teknologi sudah sangat kuat, dan sangat pesat. Kita bukan dijajah kemiskinan, dijajah kesusahan namun kita dijajah oleh kemanjaan. Para pemuda sekarang sangat dimanjakan oleh gadget, salah satunya bermain game online tanpa menghiraukan waktu dan lupa akan kewajiban beribadah. Perlu diingat bahwasannya kita hidup itu dalam waktu yang singkat. Waktu yang berlalu merupakan hanya sebagai mimpi-mimpi, seolah olah waktu sangat lama. Jangan membenarkan hal yang salah untuk mendapatkan segala hal, dan apabila orang terdekat membuat atau melakukan hal yang salah kita wajib menasehati agar orang tersebut tidak melenceng dari jalan kebenaran.

Dari pesan tersebut disimpulkan bahwa jasa orang terdahulu sangat penting dan kita harus menghargai perjuangannya.  kita harus tahu mana lingkungan yang baik dan tidak baik, orang yang salah harus dinasehati agar jalannya tidak melenceng sesuai al-quran dan assunah. Upacara diakhiri dengan pengumuman peraihan juara PORMA 2022 yang diadakan di Wonogiri , atas  nama Luthfia Nur Arvira kelas XII MIPA 4 adalah siswi peraih juara dua cabor bulu tangkis Se Karesidenan. Dari Juara lomba hari santri tingkat umum juara 1.  Xll MIPA 1, juara 2.  Xll IPS 5, juara 3 . X MIPA 1. Sulitnya perjuangan menggambarkan indahnya kemenangan. Semangat hari pahlawan, bagi para pahlawan dimanapun Kalian berada.

@najwarahma @ Melvin – jurnalistikteam.