30 September 2022

MAN 1 Karanganyar

Madrasah Aliyah Plus Ketrampilan dan Riset

PAT DENGAN MODEL NEGOTIATED BLENDED TEST MENJADI STYLE MAN 1 KARANGANYAR

2 min read

(MAN 1 Karanganyar) – Madrasah Aliyah Negeri 1 Karanganyar menggelar Penilaian Akhir (PAT) tahun secara Negotiated Blended Test  (NBT) bagi siswa kelas X (sepuluh) dan XI (sebelas) tahun pelajaran 2021/2022. Negotiated Blended Test (NBT) adalah pelaksanaan penilian dengan berbasis android, unjuk kerja, dan berbasis kertas dengan prosentasi paling kecil. PAT tersebut dilaksanakan di ruang kelas MAN 1 Karanganyar kampus 1 yang terletak di Jalan Ngalian Nomor 4 Karanganyar dan kampus II dan laboratorium Multimedia untuk penilaian unjuk kerja (performance test) bagi siswa program keterampilan. Kegiatan PAT dengan system NBT tersebut berlangsung dari tanggal 27 Mei sd 9 Juni 2022, dengan menempati 37 ruangan, dimana setiap ruangan terdiri dari rata-rata 18 sd 20 siswa.

Pelaksan PAT

Ketua panitia Siwiyono, S.Pd. menjelaskan bahwa pelaksanaan PAT dengan system NBT berjalan dengan lancar dan aman. Kendala sedikit tentang sulitnya signal, perbedaan kecepatan akses, dan lemahnya perangkat individu adalah hal yang biasa dan dapat terartasi dengan baik melalui kesigapan tim IT, proktor, teknisi, pengawas dan seluruh panitia, tandasnya. Alhamdulillah kendala-kendala tersebut sudah diantisipasi sejak awal, sebab kami sudah membagi tugas bersama panitia untuk mengani hal ini termasuk para guru shodaqoh pulsa dan atau meminjamlan gawai kepada siswa untuk memudahkan log in, imbuhnya.

Sebagaimana ketika Ujian madrasah Berbasis Android, salah satu proktor MAN 1 Karanganyar, Naslul Umamil Mutaqin, S.Pd juga menjelaskan bahwa PAT dengan NBT kali ini juga sudah dipersiapkannya dengan berbagai antisipasi termasuk penggunaan exambrowser untuk mencegah anak dari berbuat curang selama ujian. Semoga PAT kali ini lebih berkualitas dari PAT sebelumnya dengan kita tekankan penggunaan media digital yang efektif bagi semua pihak, katanya.

Briefing PAT

Selain persiapan secara matang dari sisi pelaksanaan, semua civitas MAN 1 karanganyar melakukan usaha ruhiyah yaitu dengan gerakan dhuha, mengaji dan doa dhikir sebelum PAT dimulai. Kepala MAN 1 Karanganyar Dr. Hj. Lanjar Utami, M.Pd. setia mendampingi dan memantau kegiatan memantau para siswa, guru, pengawas serta para panitia dalam briefing setiap hari di ruang Teachers Professional development Room (TPDR) sebagai ruang panitia. Beliau menyatakan apresiasi kepada para panitian dan seluruh pengawas ats sinerginya dalam pelaksanaan PAT dengan NBT. Alhamdulillah PAT dengan NBT kali ini sudah mulai membumi dan menjadi bagian kehidupan digital madrasah dalam melaksanakan pembelajaran dengan tetap menjaga protokol kesehatan dan kendala-kendala kesulitan signal sudah diantisipasi dengan dengan pemasangan modem di titik-titik tertentu, jelasnya. (HA)

Copyright © MAN 1 Karanganyar All rights reserved. | Newsphere by AF themes.