Cegah Pernikahan Dini, dengan Bimbingan Pra Nikah dari Pemerintah Kabupaten Karanganyar

Kata menikah adalah hal sakral yang sangat membuming dikalangan kawula muda maupun kalangan sesepuh. Karena kesakralan inilah maka ketika manusia sebelum menuju ke sana banyak melalui tingkatan penjajakan. Karena dalam kehidupan ada pepatah tak kenal tak sayang, itu untuk istilah sekarang.  Dengan kata- kata tersebut banyak kalangan muda yang menyalahgunakan maknanya. Yang Istilah keren saat ini  pacaran atau falling in love. Untuk menanggulangi hal tersebut, maka Pemerintah Kabupaten Karanganyar melalui Sekretaris Daerah mengadakan bimbingan supaya anak -anak sekolah atau anak – anak muda mengetahui plus minusnya jika kita akan melangkah ke arah sana.

Menghabiskan hidup dan menua bersama merupakan impian bagi setiap orang, maka dari itu munculah Pernikahan. Pernikahan adalah sebuah acara pengikatan janji setia antara seorang pria dengan seorang wanita.   Maka dari itu, demi memberi pemahaman dan pengetahuan kepada remaja usia pra nikah tentang pentingnya  perkawinan,  sangatlah penting diadakan bimbingan perkawinan pra nikah bagi remaja . Acara ini dilaksanakan pada Senin 10 Oktober 2022 yang bertempat di Aula DPUPR Kabupaten Karanganyar dengan narasumber Bupati Karanganyar, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar, DP3APPKB, Dinas Kesehatan dan DISDUKCAPIL

Pada acara ini MAN 1 Karanganyar mengirimkan beberapa siswa untuk mengikuti acara tersebut dengan tujuan, setelahnya dapat bermanfaat untuk dirinya pribadi dan memberikan ilmunya kepada teman- temannya atau siswa – siswi lainnya.  Hidup itu tak semudah membalikkan telapak tangan sobat, namun tak sesulit mengangkat kapal dari sebuah pulau. Akan tetapi suatu pernikahan hendaknya direncanakan dipikirkan secara matang dan tentunya keduanya siap. Siap di sini yaitu siap secara lahir dan batin.  Salam bijak dan semangat wahai para muda.

@BL_Jurnalistikteam.