30 September 2022

MAN 1 Karanganyar

Madrasah Aliyah Plus Ketrampilan dan Riset

MAN 1 Karanganyar Adakan Gladi Bersih ANBK

2 min read

MAN 1 Karanganyar – ANBK adalah kependekan dari Asesmen Nasional Berbasis Komputer. ANBK adalah suatu program penilaian mutu sekolah, madrasah, dan program kesetaraan di tingkat dasar dan menengah.

ANBK adalah suatu proses penilaian dengan melakukan tindakan evaluasi input, proses, dan output pembelajaran melalui serangkaian tahapan tertentu.

Seperti namanya, ANBK dilakukan berbasis komputer. Artinya, ANBK adalah suatu proses penilaian dengan cara online. Dengan kata lain, untuk dapat melakukan ANBK, harus tersedia perangkat komputer dan akses internet yang memadai.

Pada kegiatan gladi bersih ANBK di MAN 1 Karanganyar kali ini diikuti oleh 45 siswa dan 5 siswa cadangan sehingga total siswa sampling terdiri dari 50 siswa dengan menggunakan dua laboratorium komputer  (2 server) dengan dua sesi pelaksanaan. Hari pertama (22-08-2022) sesi satu dilaksakan pada pukul 07.30 – 09.30 dan sesi dua pukul 10.30-09.30 untuk sesi Literasi dan Survey Karakter. Sedangkan pada hari ke dua (23-08-2022), dilaksanakan untuk Sesi pertama pukul 07.30-09.30, Sesi ke dua pukul 10.30-09.30 dengan soal tes numerasi dan Survey Lingkungan Belajar

Menurut Moh. Naslul Umamil Muttaqin, S.Pd. selaku proktor pelaksanaan ANBK, untuk hari pertama sesi ke dua ada 2 siswa yang tidak hadir yang kemudian digantikan oleh dua siswa cadangan dan pada hari hari ke dua  sesi pertama ada dua siswa tidak hadir digantikan dengan siswa cadangan. “Dari sisi teknis tidak ada kendala sama sekali, smua berjalan tertib dan lancar,”tutur beliau”. Dan moda yang digunakan secara full online.

Menurut Fadhila Noer Annisa dadi kelas XI MIPA 1,”Ini pertama kali  saya mengerjakan ujian berbasis komputer. Pengerjaan menggunakan komputer lebih simpel dan efisien dibandingkan mengerjakan berbasis kertas. Untuk tipe soalnya memang lebih rumit dan panjang daripada ujian biasa. Hal serupa juga disampaikan oleh Amreta Gesang Pramesthi dari kelas XI MIPA 1 memberi kesan bahwa soal dalam ANBK panjang-panjang, jadi harus memahami dan teliti. Perlu lebih banyak berlatih mengerjakan soal literasi dan numerisasi agar dapat menyelesaikan soal tersebut.

Copyright © MAN 1 Karanganyar All rights reserved. | Newsphere by AF themes.