Siapkan Pemimpin Berkarakter melalui LDK di MAN 1 Karanganyar

Menumbuhkembangkan bakat anak tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Harus mengenalkan , berteori, memberi contoh dan yang paling final yatu dengan mempraktikkan. Hal inilah yang akan diterapkan pada kegiatan ini,Sehingga ketika di lingkungan sekolah anak tak sekedar di berikan ilmu teori yang hanya mendapatkan nilai berupa  angka-angka saja, akan tetapi diseimbangkan dengan praktik atau ketrampilan ektra kurikuler. Dimana kegiatan ekstra ini mencakup OSIS Pamuka, PMR,serta KBIT. Dengan kegiatan ekstra ini anak- anak calon pemimpin dijadikan satu untuk dibekali ilmu .Dengan tujuan supaya ilmu teori dan praktik seimbang, Kegiatan ini disebut LDK .

                                                                                                                                                                                         PadahariRabu, 28 September 2022 kegiatan LDK ini  dilaksanakan di Markas Batalyon Infantri Mekanis Raider 413  dan  di ikuti sebanyak 99 Siswa. Kegiatan LDK ini bertujuan untuk  pembentukan karakter dan kedisiplinan siswa organisasi MAN 1 Karanganyar. Dalam pengarahannya  Kepala MAN 1 Karanganyar  mengatakan ,bahwa siswa yang dikirim ke markas Batalyon Infantri Mekanis Raider 413 dapat menjadi teladan dan panutan bagi siswa MAN 1 Karanganyar pada umumnya. Serta dapat menjunjung tinggi sopan santun,ketertiban dan kedisiplinan.  Kegiatan yang dilakukan siswa di Batalyon Infantri Mekanis Raider 413 ini, siswa  wajib  menunjukan sikap sopan,santun, senyum dan sikap ramah kepada pelatih LDK.

Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Adalah salah satu ajang  bergengsi .  Sebuah pelatihan dasar yang menjadi salah satu program kerja Wakil Kepala Madrasah bidang kesiswaan tersebut biasa diadakan setelah reorganisasi pengurus OSIS, Ambalan ,PMR dan KBIT yang dipilih melalui MILKOI dan musyawarah besar organisasi atau melalui melatih siswa dengan pesta demokrasi .Dimana anak diajarkan untuk memilih para calon pemimpin dengan memberikan suaranya   . LDK dapat dikategorkan sebagai bagian dari agenda organisasi untuk melatih karakter dan kedisiplinan bagi pengurus organisasi MAN 1 Karanganyar. Dan juga memiliki tujuan untuk mengembangkan SDM Organisasi yang ada di Madrasah.

Latihan Dasar Kepemimpinan siswa merupakan salahsatu bentuk perhatian Madrasah yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dalam kepemimpinan organisasi di MAN 1 Karanganyar. Salah satu Latihan ini adalah pembinaan dari Batalyon Infantri Mekanis Raider 413. Adapun materi kedisiplinan dan Peraturan Baris Berbaris  bertujuan untuk membangun karakter dan kedisiplinan siswa dalam berorganisasi.

Untuk menjadikan siswa bertanggungjawab memang di awali dari melatih menjadi pemimpin diawali dari memimin diri sendiri alias punya tanggung jawab.Kemudian berkembang ke yang lebih besar yaitu keluarga, kelompok di kelas,kelas,sekolah,masyarakat,dan selanjutnya ke kelompok yang lebih besar lagi, yaitu Negara.Kapan lagi Mereka akan kita latih kalau tidak sekarang. Usaha tak kan pernah menghianati hasil.                                                                                                                                                                             Salam demokrasi

@ya_man1karanganyar.