Kepala MAN 1 Karanganyar Dra. Hj. Lanjar Utami, M.Pd. meraih gelas Doktor dengan Predikat Cumloude. Hal ini setelah beliau menyelesaikan Pendidikan S3 Ilmu Pendidikan Pasca Sarjana Univceritas Sebelas Maret Surakarta. Sidang Terbuka dilaksanakan pada Hari ini Kamis 18 Juli 2019 di Ruang Sidang  II Lantai 6 Pascasarjana UNS Jl. Ir Soetami 36A Kentingan Surakarta, Jam 08.30 sampai selesai.

Kepala Madrasah yang dilantik pada tanggal 31 Juli 2018 ini mengambil judul disertasi Pengembangan Buku Ajar Membaca Bahasa Inggris untuk Madrasah Aliyah dengan Perspektif Sosiokognitif : Riset Berbasis Desain. Sidang Terbuka di Promotori oleh Prof.Dr. Joko Nurkamto, M.Pd. dengan Ko. Promotor I Prof. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd., dam Ko Promotor II : Prof.Drs.Gunardi, MA, Ph.D.

Hadir dalam siding tersebut Perwakilan Kakanwil Kemenag Jateng, Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wilayah VI Jawa Tengah, Kepala Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Karanganyar, Kakankemenag Kota Surakarta, kakankemenag Karanganyar yang diwakili oleh Kasi Penma, Dewan Pendidikan, Ketua Komite Para Waka MAN 1 Karanganyar, keluarga dan tamu Undangan lainnya, yang turut memberikan support atas terlaksananya Sidang Terbuka.

Serangkaian Ujian telah dijalani oleh Ibu tiga anak ini, antara lain Ujian Kualifikasi pada 3 Desember 2016, Ujian seminar Proposal dan Ujian Proposal  pada 28 April 2017, Seminar Kemajuan Riset dan Naskah Publikasi pada 9 Pebruari 2018; Seminar Kemajuan Riset dan Naskah Publikasi II pada 28 Pebruari 2019; Ujian Kelayakan naskah Disertasi pada 5 April 2019; Ujian Disertasi (Ujian tertutup) pada 29 Mei 2019 dan Ujian Terbuka Disertasi (Promosi Doktor) hari ini Kami 18 Juli 2019.

Dalam sidang terbuka ini Lanjar Utami, menghadapi dewan Penguji yang berjumla 9 orang antara lain Prof. Dr.Ir. Ahmad Yunus, MS.; Prof. Drs. Sutarno, M.Sc.Ph.D; Dr. Mardiyana, M.Si.; Dr. Asrowi, M.P.; Prof. Dr. Joko Nurkamto, M.Pd.; Prof.Dr. Nunuk Suryani, M.Pd.; Prof.Drs. Gunarhadi, MA,Ph.D.; Prof. Dr. Sunardi, M.Sc. serta Prof, Fuad Abdul Hamied, MA., Ph.D.

Lanjar Utami tanpa ba bib bu mempresentasikan disertasinya dengan penuh semangat dan lancar. Begitupun ketika satu-persatu dewan penguji menyampaikan pertanyaan; istri Dra. H. Maryadi ini menjawabnya dengan penuh keyakinan karena memang sangat menguasai materinya. Tepuk tamu undanganpun bergemuruh ketika dewan juri memberikan pujian kepadanya.

Usai tanya jawab dari dewan penguji, sidang ditunda sejenak dan dewan juri pun melanjutkan merekap hasil penilaian. Suasana menjadi hening, mungkin dalam hati mereka muncul pertanyaan berapa nilainya, lulus nggak ya dan pertanyaan lainnya.

Kurang lebih sepuluh menit jeda dewan juri pun memasuki ruang sidang untuk melanjutkan sidang dan siap mengumumkan hasilnya, suasana menjadi lebih hening, senyap tanpa suara sedikitpun. Tibalah saatnya Ketua Sudang mengumumkan hasil. “dengan ini kami sampaikan bahwa saudari Lanjar Utami yang telah menempuh Pendidikan S3 kurang lebih 4 tahun dan Sidang terbuka pada hari ini, kepadanya dinyatakan LULUS  Predikat CUMLOUDE dengan IPK 39,5”, yang disambut gemuruh aplaus surluruh yang hadir diruang sidang.decak kagumpun menghinggapi hati setiap yang datang.

Dalam penutupannya Prof. Dr. Joko Nurkamnto, M.Pd. mengucapkan selamat dan berpesan kepada Lanjar Utami. “Saudara Lanjar Utami Gelar Doktor bukanlah akhir, justru ini adalah awal bagi saudara untuk terus berkiprah dan meneliti dibidang pendidikan. Terulah belajar karena sesuai sabda Nabi Muhammad saw. Utlubil ‘ilma minal mahdi ilallahdi” tunutlah ilmu sejak dari buaian sampai liang lahat ini berarti kia harus terus belajar hingga akhir hayat kita”; tandasnya. Sidang diakhiri dengan bersalaman mengucapkan selamat berfoto ria dan ramah tamah.

By admin