Lab. Multimedia MAN 1 Karanganyar

Karanganyar—Keberadaan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) sebagai skema pembiayaan infrastruktur telah membantu mengakselerasi perbaikan pelayanan di berbagai bidang di Kementerian Agama, dan salah satu nya adalah perbaikan dan peningkatan layanan Pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Karanganyar.

Kepala MAN 1 Karanganyar, Lanjar Utami  menyampaikan bahwa untuk pertama kalinya MAN 1 Karanganyar mendapatkan dana SBSN pada tahun 2019 untuk pembangunan Gedung Pembelajaran Keterampilan Multimedia dan diresmikan oleh Menteri Agama RI, Jenderal. Purn Fahru Rozi pada tanggal 19 Desember 2019. Dengan adanya Gedung Laboratorium Multimedia yang megah, memacu prestasi siswa semakin melimpah dari aspek religi, akademi, dan vokasi sesuai dengan tuntutan kekinian. Hal ini sejalan dengan Visi MAN 1 Karanganyar yaitu “Menjadi Madrasah Aliyah yang unggul dalam membentuk insan yang berakhlak mulia, cerdas, terampil dan berwawasan global”, lanjutnya.

Peresmian Gedung Lab. Multimedia oleh Menteri Agama RI

 “Keberadaan Gedung Laboratorium Multimedia dengan dana SBSN tahun 2019 memberikan manfaat yang luar biasa bagi berbagai pihak, dan menjadi magnet keberhasilan MAN 1 Karanganyar, jelas Lanjar. Pertama, Gedung laboratorium Multimedia ini menjadi “Center of Web-Based Learning” bagi semua civitas MAN 1 Karanganyar untuk berbagai kegiatan baik yang bersifat akademik, non akademik maupun sosial dan ditayangkan melalui Channel YouTube Madrasah TV MAN 1 Karanganyar. Para siswa khususnya sangat merasakan manfaat dan menikmati beraktifitas di laboratorium Multimedia, tandasnya. 

Direktur KSKK Dr.HA. Umar, MA melepas SPARTAN siswa Pertukaran Pelajar ke Amerika

 “Kedua, menurut Lanjar bahwa dengan berbagai aktifitas siswa di Gedung laboratorium multimedia ini memacu siswa berprestasi baik akademik maupun non akademik, mulai tingkat kabupaten Provinsi, Regional, Nasional dan bahkan International pada tahun 2019, misalnya, a) Siswa Program Keterampilan Multimedia bernama Spartan berhasil mendapatkan bea siswa 1 tahun program pertukaran Pelajar ke Amerika, yang dilepas oleh Direktur KSKK Madrasah Kementerian Agama RI, Dr. H.A Umar, MA., pada bulan Agustus 2019;  b) Juara I Lomba Kaligrafi Nasional (PT- UMS); c) Juara III Robotik Tingkat Nasional di Surabaya (Direktorat KSKK Madrasah); d) Peringkat 6 Besar Peserta Lomba Robotik di Metro TV (Kerjasama Kemenag RI dan Metro TV); e) Peserta Lolos 9 Besar MYRES Nasional 2019 di Manado; f)  Juara II Taekwondo Nasional Jawa Bali; f) Juara Harapan 1 Nasional Video Kreatif di TA TV dan lain-lain”.

Tim Robotic MAN 1 Karanganyar Raih Juara 3 Robotic Competition 2019

“Prestasi di akhir Tahun 2020 yang diraih MAN 1 Karanganyar adalah a) Juara II Nasional Lomba Story Telling (Albayan’s Competition and development for All); b) Peraih IP tertinggi pada Pertukaran Pelajar di Amerika (Spartan); c) Juara Harapan I Nasional MTQ (PT-UNS); d) Peraih Medali Perunggu KSMO POSI Nasional Mapel Ekonomi; e) 2 Tim Peringkat 6 Seleksi Robotic Competition (MRC) 2020 kategori Robot Kreatif dan Maze Solving. Jumlah siswa yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri meningkat dari 20% menjadi 40 % dari lulusan, baik melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, SPANPTKIN, UMPTKIN, UM, PMB,PMDP, SPMB dan jalur lain. Dan Alhamdulillah, mungkin karena prestasi itulah yang menggerakkan Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Agama melalui Direktorat KSKK Madrasah mengucurkan dana lagi melalui SBSN tahun Anggaran 2020 berupa pembanguan Gedung Asrama yang Insya Allah selesai pada 31 Desember 2020, tegasnya”.

Asrama MAN 1 Karanganyar (dana SBSN TA. 2020

“Ketiga, megahnya bangunan SBSN dengan sarana dan prasaran yang lengkap dan banyaknya prestasi yang diraih berimbas pada meningkatnya animo masyarakat menyekolahkan putra-putrinya di MAN 1 Karanganyar dan perhatian Pemerintah Daerah. Jumlah pendaftar siswa baru tahun 2020 mencapai seribu lebih dari SMP/MTs/Pondok Pesantren, baik negeri maupun swasta, sementara kuota yang ada hanya 432 siswa. Banyak orang tua maupun siswa yang menangis saat pengumuman karena terpaksa tidak bisa diterima di MAN 1 Karanganyar, tuturnya.

“Terima kasih kepada Bapak Menteri Agama, Direktur KSKK Madrasah, Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, yang telah memberikan amanah kepada MAN 1 Karanganyar untuk mengelola dan memanfaatkana dana bantuan SBSN tahun 2019 untuk membangun Gedung Laboratorium Multimedia dan Asrama MAN 1 Karanganyar pada tahun 2020, ungkapnya dengan haru’. (Tri-Admin 14/12/2020)

By admin