Satyaku ku darmakan

Darmaku kubaktikan, salam Pramuka

Dalam rangka  menyambut siswa baru di pangkalan Ambalan MAN 1 Karanganyar dan HUT Pramuka ke-59, Dewan Ambalan  MAN 1 Karanganyar  mengadakan acara  Penerimaan Pramuka Penegak Tamu (P3T). Berada di Aula Gedung Laboratorium multimedia, acara dilaksanakan secara live streaming melalui Chanel Youtube TV Madrasah Man 1 Karanganyar, pada  hari Rabu, tanggal 19 Agustus 2020. 

Kegiatan P3T adalah acara tahunan, biasanya diadakan dalam bentuk perkemahan Sabtu dan Ahad,  namun diikarenakan adanya pandemi covid 19 maka acara diadakan dalam bentuk Virtual. Hadir dalam acara tersebut, Drs. Wiharso, MM selaku MABICAP, Kamabigus MAN 1 Karanganyar, Dr. Lanjar Utami ,M.Pd, Sutoto, SH, MM, KTU MAN 1 Karanganyar para Wakil Kepala Madrasah, Pembina pramuka, perwakilan siswa baru dan diikuti pula oleh 432 siswa Baru MAN 1 Karanganyar dari rumah secara virtual. Walaupun dengan peserta luring terbatas, namun tetap menerapkan protokol kesehatan

Acara di buka dengan pembacaan ayat suci Al qur’an , oleh kak Isnaini umi muthiah dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Pramuka dan laporan ketua panitia. Kak sandika selaku ketua panitia menyampaikan bahwa, dengan koordinasi yang baik dengan kerja maksimal, MAN 1 Karanganyar mampu melaksanakan P3T secara daring. “Tujuan P3T saat ini adalah meningkakan kreatifitas, meningkatkan solidaritas, menjunjung tinggi nilai nudaya dan meningkatan pengetauan pramuka”, ucapnya.

Sementara itu Kamabigus MAN 1 Karanganyar, Dr. Lanjar Utami ,M.Pd, menyampikan syukur yang tak terhingga bahwa ditengah Pandemi Pramuka MAN 1 Karanganyar Gugus Amblan Pangeran Samber Nyawa dan Nyai Ageng Karang bisa melaksanakan P3T, walaupun secara virutal. Selanjutnya menyampikan bahwa kegiatan P3T yang diselengarakan oleh MAN 1 Karanganyar adalah bagian dari pengembangan diri, dari kurikulum MAN 1 Karanganyar.  Pramuka adalah pribadi yang suci perkataan dan perbuatan, dan selalu memenuhi janji dari darma – darma yang dilakukan.

Lebih lanjut Kamabigus mengajak seluruh anggota pramuka penegak MAN 1 Karanganyar untu bersama-sama serius dan fokus dengan  apa yang kita lakukan sehingga terbentuk pribadi-pribadi dan jiwa pramuka penegak yang memiiliki kepribadian tinggi untuk mewujudkan Madrasah yang Hebat bermartababat. Usai menyampaikan sambutan dilanjutkan dengan penyematan tanda peserta secara simbolis

Adapun Drs. Wiharso, MM selaku MABICAP Karanganyar sesaat setelah melantik Pramuka Penegak Tamu, MAN 1 Karanganyar menyampaikan bahwa Pramuka MAN 1 Karanganyar harus berbeda  dengan pramuka yang lainnya, nuansa religious harus dimunculkan . Dengan metode yang menyenangkan,  Pramuka melatih, membina tanggung jawab terhadap tumbuh kembang siswa, siswa tidak hanya dituntut cerdas intelektual, spiritual  dan emosional, tapi juga memunculkan nilai – nilai transidental, nilai – nilai agama yang ditonjolkan insya Allah akan menjadi anak yang sukses.

Wiharso menyampaikan kebanggaan dan apresiasi yang tinggi bahwa di masa pandemi ini MAN 1 Karanganyar mampu melaksanakan P3T secara vitual. Disampaiakn pula, selaku generasi muda adik-adik pramuka penegak MAN 1 Karanganyar agar senantiasa belajar dan belajar mengembangkan potensi diri agar kedepan menjadi generasi penerus siap menerima estapet kepemimpinan di Negeri yang kita cintai.  “Pramuka di MAN 1 harus menjadi yang terbaik di Kabupaten Karanganyar” Pungkasnya.

       Acara P3T sekaligus memperingati HUT  Pramuka ke 59, yang diselenggarakan oleh Dewan Ambalan MAN 1 Karanganyar,  sebagai sarana pengenalan profil  Ambalan ,program dan prestasi – prestasi Ambalan. Setelah upacara adat, kak Laksita dan Sandika ,selaku dewan kehormatan mengenalkan profil ambalan, sedangkan  program – program ambalan disampaikan oleh kak Miqdad dan kak Isnaini, selalu ketua Adat. Dan prestasi – prestasi ambalan diperkenalkan oleh Pradana – Pradani (kak Miqdad dan kak Zahra)  semua itu dalam bentuk visual. Dewan Ambalan MAN 1 Karanganyar , telah banyak meraih prestasi baik prestasi tingkat kabupaten dan propinsi, diantaranya menjadi juara umum 3 Napak Tilas Joko Songgo,  Juara  video terfavorit di acara SELOKA yang diadakan oleh Universitas Sebelas Maret Surakarta, Mendapat  9 piala dalam Baden Pawell Day, dan terakhir  menjadi juara 3   Duta Pramuka Karanganyar, atas nama  Ahmad Dias Qodrias Bath dan Astri Sabrina Anggaini. Acara ditutup dengan pentas seni, dengan menampilkan   karya – karya  hasil kejuaraan, diantaranya adalah Sendra  tasik yang menang dalam lomba Boden Poweel Day 2019,  dilanjut dengan semaphore dance, yang disajikan gabungan antara anak kelas X dan dewan ambalan. Sebagai penutup adalah performa pantomime.  Still happy Still healty And never surrender  (Kak Ninik Sulistini)

By admin