MAN 1 Karanganyar. Dalam rangka Pengembangan Mutu dan Relevansi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Republik Indonesia, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah H. Musta;in Ahmad, SH, MH bersama Bupati Karanganyar Drs. H. Juliatmono, MM meletakkan batu Pertama Pembangunan Gedung Asrama MAN 1 Karanganyar dengan bantuan dana SBSN tahun anggaran 2020. Ground Breaking atau peletakan batu pertama dilaksanakan (Selasa, 11 Agustus 2020) di lokasi pembangunan yaitu kampus 2 yang beralamat di Jalan Ngalian No 28 Lalung Karanganyar.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Asrama tersebut dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, Bupati Karanganyar, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Karanganyar, Kajari, Ka Polsek, Dan Ramil, Camat, Lurah, Komite, Sesepuh madrasah, Kepala MA/SMA/SMK dan MTs dalam Kota Karanganyar dan pihak pelaksana pembangunan gedung asrama MAN 1 Karanganyar. Acara dilaksanakan dengan tetap menjaga protokol kesehatan

.   

Ka Kanwil Kementerian Agama Provinsi jawa Tengah mengungkapkan kebanggaanya terhadap prestasi yang dicapai oleh MAN 1 Karanganyar dengan berpesan agar seluruh ASN di MAN 1 Karanganyar tetap semangat dan sinergi mewujudkan visi madrasah. “…harus punya mimpi dan berani mengatakan mimpi….. Mimpi yang diimbangi dengan kompetensi akan membuahkan prestasi, …prestasi itulah bertemunya antara mimpi dan kompetensi.” sebuah frase bapak Ka Kanwil yang sangat membakar semangat bagi setiap yang mendengar pidato beliau. Beliau juga menyampaikan bahwa Bapak Drs. Julitamono Bupati Karanganyar adalah figur terbuka yang mudah menerima gagasan asalkan  untuk kemajuan bangsa dan negara, gagasan itu harus disinergikan bersama, termasuk dalam kesempatan duduk bersama tersebut sudah terjadi deal, agar sebelum membantu yang lain agar mengutamakan dulu Madrasah. Beliau juga menyebut bahwa Bupati Karanganyar adalah inspirator beliau dalam mewujudkan mimpi.

Lebih lanjut Must’ain menyampaikan  syukur bahwa Bapak Bupati karanganyar dikenang di kementerian agama, karena memiliki perhatian yang besar terhadap  pengembangan keagamaan. Musta’in juga menyampaikan terima kasih atas hibah hibah yang telah  dan akan diberikan.  Ke Kementerian  Agama, baik ke madrasah KUA dan lain-lain,  “Bapak Bupati silakan sediakan lahan lahan dan kami yang akan membangun gedungnya,” imbuhnya, yang disambut tepuk tangan hadirin.

Dengan penuh keyakinan beliau menyampaikan bahwa Kemnterian Agama memiliki instrumen pembangunan gedung disebut SBSN, dan sudah menjadi kesepakatan Nasional begitu tanahnya siap, maka gedung segera dibangun. Sebagai bukti semua KUA se-kabupaten  karanganyar yang tanahnya sudah menjadi milik Kementerian Agama sekarang sudah dibangun gedung KUA dengan megah.

Diakhir sambutannya   Kakanwil yang pernah menjabat Kakankemenag Kab. Karanganyar selama lima setengah tahun ini  berpesan kepada pelaksana pembangunan Asrama MAN 1 Karanganya agar  bisa  meraih tiga sukses. Yang pertama sukses teknis; maksudnya sesuai gambar dan hasilnya, jika gambar semegah itu RAB nya seperti ini ya harus jadi seperti ini. Yang kedua sukses administrasi; administrasi harus baik dan benar sehingga siap diperiksa siapan pun. Ketiga sukses Sosial; tukang jangan sampai membuat masalah baik internal maupun eksternal, jangan sampai membuat  ada oknum tukang atau pekerja melukai masyarkart sekitar adau warga Madrasah.

Pada kesempatan yang sama, dalam sambutannya Bupati Karanganyar Drs. H JULIATMONO, MM mengatakan, asrama yang akan dibangun ini mudah-mudahan mampu menjadi rujukan sekolah-sekolah yang ada di Karanganyar dan diharapkan betaraf Internasional. Seperti pembangunan yang gencar dilakukan oleh pemerintah Kabupaten karanganyar diantara Pembangunan UIN Raden Mas Said, Miniatur manasik haji, Islamic Boarding school, pembangunan tempat riset pengembangan penilitan  Perhutanan UNS di hutan Bromo pembangunan Masjid Agung dan lain-lain.

Bupati yang juga alumni MAN 1 Karangnyar ini menyampaikan bahwa secara defacto tanah seluas 1,7 hektar di samping MAN 1 Karanganyar ini sudah dihibahkan dan menjadi hak milik MAN 1 Karanganyar, hanya saja proses hibah harus melalui mekanisme yang panjang dan harapannya tahun 2021 sudah siap dibangun, yang disambut senyum dan tepuk tangan semua yang hadir. Lebih lanjut beliau menyampaikan” “Kita siapkan generasi unggul, generasi milenial generasi yang bisa mengikuti perkembangan zaman namun memiliki kepadahan dan aqidah yang kuat. “Siswa MAN harus mengikuti jaman, berada posisi didepan dan tertinggi sebagimana hadis الاسلام يعل ولا يعل عليه ,  madrasah harus menjadi pilihan utama dibanding sekolah yang lain”, tandasnya.

Sinergi yang kuat Kemnterian Agama berjenjang menjadi kekuatan MAN 1 Karanganyar untuk mewujudkan madrasah yang hebat bermartabat. Sebagaimana disampaikan oleh kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten karanganyar, Drs. H. Wiharso, MM bahwa mudah mudahan MAN 1 Karanganyarv menjadi pusat peradaban Islam di Kabupaten Karanganyar.

Wiharso berpesan kepada direktur Jembar Utama sebagai penyedia pembangunan gedung Asrama Man 1 Karanganyar, bahwa kerja di kementerian Agama adalah kerja bernuansa ibadah yang hasilnya akan diraih dunia akhirat, maka laksanakanlah pembanguna dengan sebaik-baiknya. pejabat kementerian Agama tidak akan mengganggu sepeserpun dari anggaran yang ada, maka pembangunan harus menjadi yang terbaik.

Sebelumnya, Kepala MAN 1 Karanganyar, Dr. Hj. Lanjar Utami, M.Pd menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih kepada Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, Bupati Karanganyar, Kepala Kantor Kementerian Agaama Kab, Karanganyar, dan seluruh tamu undangan yang telah berkenan hadir dalam acara Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Asrama MAN 1 Karanganyar. Beliau juga menyampaikan ucapan terima kasih khusunya kepada Bupati Karanganyar Drs. H. Juliyatmono, MM yang juga alumni MAN 1 Karanganyar yang telah memberikan dukungan luar biasa untuk kemajuan madrasah. Dilaporkan bahwa selain dukungan dalam setiap kegiatan tahunan, Bupati juga telah memberikan bantuan mobil dinas untuk madrasah dan telah memproses hibah tanah seluas 1.862 m2 untuk perluasan gedung madrasah dan dimanfaatkan dalam memajukan pendidikan di Karanganyar. (Tim dan Admin)

By admin