Karanganyar.. Kakanwil Kemenag Prov Jateng Drs. H. Farhani, SH., M.M. lakukan Ground Breaking di MAN 1 Karanganyar. Ground Braking atau Peletakan Batu Pertama pembanguan gedung Pembelajaran Keterampilan MAN 1 Karanganyar dilaksanakan pada Hari Senin, 8 Juli 2019.

Seperti diketahui bahwa MAN 1 Karanganyar memperoleh Proyek Pembangunan Gedung Workshop Pembelajaran Keterampilan melalui dana SBSN sebesar 2,9 M. Tahapan demi tahapan telah dilalui Tim MAN 1 Karanganyar untuk terlaksananya Pembangunan ini, mulai Pengajuan Proposal, Penyiapan segala administasi hingga penunjukan Konsultan Perencana, komunikasi dengan semua pihak terkait, hingga akhirnya Pemilihan Pemenang Tender melalui proses LPSE Kemenag Pusat.

Setelah segalanya terpenuhi pembangunan dimulai pada hari Senin, 8 Juli 2019. Pembangunan secara resmi dimulai dengan Ground Breaking atau Peletekan Batu Pertama. Ground Breaking diawali dengan upacara di Aula MAN 1 Karanganyar. Hadir dalam acara tersebut Kakanwil Kemenag Prov, Jateng, Korwil UKPBJ, POKJA, Bupati Karanganyar, Kakankemenag, Camat, Kapolres, Kejaksaaan TP4D, Kodim, Koramil Lurah disekitar MAN 1 Karanganyar, Kepala kepala MA se-Kab Karanganyar, Komite Tokoh masyarakat, dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Kepala MAN 1 Karanganyar mengucapkan terima kasih kepada Bp Kakanwil Bupati dan seluruh tamiu undangan yang berkenan hadir. Lebih lanjt Lanjar Utami menyampaikan perkembangan MAN 1 Karanganya yang terus meningkat dan semakin diminati masyarakat. Terbukti dengan prestasi disegala bidang baik akademik maupun non akademik. Dibidang akademik tahun ini lulusan MAN 1 Karangnyar yang diterima di PTN maupun PTKIN melalui jalur SNMPTN meningkat 50 %, ada satu siswa yang terpilih sebagai pertukuran pelajar di Amerika dan China, dan bari saja terpilih sebagai Gran Final MYRES (Madrasah Young Reseacrh Supercamp) 2019 di Jakarta.

Lebih lanjut Lanjar Utami menyampaikan bahwa “Gedung Pembelakaran keterampilan ini nantinya berfungsi sebagai laboratorium multimedia, dan jangka panjangnya pengembangan menuju TV Madrasah. Adapun pembangunan gedung berada di lahan seluas sekitar 270 meter persegi. Rencananya dibangun tiga lantai, lantai pertama untuk area parkir dan multi fungsi untuk kegiatan masyarakat. Lantai dua untuk proses pembelajaran serta lantai tiga untuk show excellent (pameran multimedia),” ucapnya.

Schedul pengerjaan pembangunan gedung ini selama 150 hari kalender, yakni direncakan selesai pada 30 November 2019.

Sementara itu Bupati Karanganyar Drs. H. Juliyatmono, M.M dalam sambutannya mengatakan, seiring pesatnya perkembangan teknologi, MAN 1 Karanganyar harus berpacu sesuai perkembangan zaman. Dasar keimanan dan keislaman harus diperkuat, sebab dimasa mendatang orang-orang yang yang tidak memiliki dasar agama yang kuat akan terlindas zaman, Apalagi memaasuki era globalisasi dan pasar bebas dunia ini.

Juliyatmono juga berpesan kepada kontraktor pemenang agar menjalankan pekerjaan sebaik-baiknya dengan hasil yang baik. “Kontraktor harus punya modal agar pekerjaan bisa berjalan dengan tetap sasaran tepat waktu dan berkualitas”, tandasnya.

Sedangkan Kakanwil Kemenag Prop Jateng Drs.H. Farhani, SH,. M.M. menyampaikan bahwa jika Proyek SBSN ini bisa berjalan dengan baik dan hasil maksimal sesuai yang diharapkan MAN 1 Karanganyar akan direkomendasikan untuk mendapatkan proyek lagi ditahun 2020, dan disambut tepuk tangan yang hadir.

“Bisa bicara, diskusi, punya nyali, dan memiliki pemahaman agama yang baik. Kalau tidak punya itu akan ketinggalan. Harapannya MAN 1 Karanganyar didesain untuk itu. Lulusan bisa berada di mana-mana dan menjadi pemimpin,” terangnya. (Agus Iswadi) Artikel ini telah tayang di Tribunjateng.com dengan judul Gedung Laboratorium Multimedia MAN 1 Karanganyar Mulai Dibangun, Kelak Bakal Hadirkan TV Madrasah, https://jateng.tribunnews.com/2019/07/08/gedung-laboratorium-multimedia-man-1-karanganyar-mulai-dibangun-kelak-bakal-hadirkan-tv-madrasah.

By admin