GERAKAN NASIONAL AKSI BERGIZI DI MAN 1 KARANGANYAR

Kesehatan tubuh sudah sejak dulu menjadi tanggung jawab bagi setiap individu, maka dari itu kita sebagai pemilik tubuh itu harus menjaganya dengan baik. Salah satu cara yaitu dengan menjaga imun tubuh kita, agar tidak mudah diserang penyakit. Diketahui di lndonesia ini merupakan salah satu negara yang banyak mengalami permasalahan kesehatannya tinggi. Tidak hanya pada energi, akan tetapi juga gizi salah satunya. Adapun  gizi mikro yang menjadi tantangan saat ini adalah Anemia.

Pada 26 Oktober 2022, tepatnya pada hari Rabu MAN 1 Karanganyar melaksanakan rangkaian kegiatan, diantaranya senam Bersama dan workshop Gerakan Nasional Aksi Bergizi yang digelar bersama Promkes Jawa Tengah. Kegiatan ini dimulai dari pagi pukul 7.00 WIB  hingga pukul 14.00 WIB. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Arif Budi Santoso,  Live Setyaningsih S.KM.,  Kusmaryani, S.KM. serta kepala MAN 1 Karanganyar Dr.Lanjar Utami, M.Pd. Tujuan diadakan kegiatan ini adalah sebagai pemaparan kesehatan, terutama bagi siswa putri. Dalam kegiatan ini siswi mendapat sosialisasi Remaja Sehat Ceria Dengan Germas oleh ibu Live Setyaningsih. Germas serta sosialisasi Gizi Seimbang Dan Tablet Tambah Darah Cegah Anemia oleh ibu Kusmaryani. Kegiatan ini dipelopori dengan aksi bergizi, cegah stunting diantaranya minum tablet tambah darah, serta minum tablet no Anemia. Dipaparkan juga bahwa Perkembangan tubuh pada perempuan akan berhenti ketika sudah menginjak usia 16th, sedangkan laki- laki ketika berusia 22th. Akan tetapi jika dibarengi dengan perlakuan cukup olahraga serta makan bergizi tubuh itu masih bisa bertumbuh. Jadi pertumbuhan tubuh seseorang itu bukan karena berpatokan pada genetika, tetapi asupan gizi yang bagus dan sempurna maka akan berkembang sesuai umurnya.

Khususnya kaum hawa atau wanita diciptakan oleh Allah dari tulang rusuk laki-laki yang penuh dengan keunikan atau keistimewaan, keunikan ini yang tidak dimiliki kaum adam. Diantaranya bagi kaum hawa yang normal diberi siklus menstruasi, dapat melahirkan dan menyusui. Maka hal unik ini meminta “flashback” yang lebih, diantara harus dijaga karena lebih rawan atau riskan. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Contohnya dengan melakukan hal hal kecil seperti minum vitamin, berolahraga, serta makan makanan yang sehat. Dengan hal kecil itu kita sudah berupaya menjaga kesehatan tubuh. Kalau bukan diri sendiri yang menjaganya, siapa lagi. Semoga dimanapun kita berada selalu diberikan kesehatan oleh Allah Swt.

@auliadwi – jurnalistikteam.