Festival Lomba Pramuka Inovatif Ambalan MAN 1 Karanganyar Ditingkat Provinsi

Sabtu, 08 Oktober 2021 Ambalan MAN 1 Karanganyar ditunjuk oleh kwartir cabang Karanganyar untuk mengikuti lomba festival pramuka inovatif yang dilaksanakan oleh kwartir daerah Jawa Tengah. Lomba dilaksanakan selama empat hari mulai dari tanggal 6-9 Oktober 2021 secara online namun, wilayah Surakarta mendapat giliran di hari Sabtu, 08 Oktober 2021. Wilayah Surakarta pun terbagi atas beberapa daerah, yakni salah satunya Karanganyar.

(Peserta lomba pioneering dari Dewan Ambalan MAN 1 Karanganyar)

Kegiatan lomba terdiri atas dua jenis yakni, lomba pionering aplikatif dan lomba teknologi tepat guna (TTG) untuk peserta berjumlah 8 orang dan terbagi menjadi 2 tim, yakni 5 orang tim pionering aplikatif dan 3 orang tim teknologi tepat guna.

Tim pionering aplikatif membuat jembatan derek aplikatif selama 3 jam dan dilaksanakan di gedung multimedia MAN 1 Karanganyar. Peserta yang menjadi bagian dari tim pionering aplikatif yakni, Aryani Puspita Ningrim(XI Agama), Nayshella Hanifah Eistika Adelia (XI MIPA 2), Giza Rizqi Pranaya (XI MIPA 2), Al Fiana Noor Shalsabila (XI MIPA 4), Nevy Desvyta Maharani (XI MIPA 4).

Sedangkan tim teknologi tepat guna (TTG) membuat alat penyiram tanaman otomatis yang mengunakan sensor kelembaban dan arduino uno, kegiatan dilaksanakan di kantor kwartir cabang Karanganyar. Alat ini bekerja apabila, tanah pada lahan terdeteksi kurang kelembaban maka alat akan menyiram otomatis dan sebalikan apabila tanah sudah lembab maka alat akan berhenti menyiram. Peserta tim teknologi tepat guna yakni, Farkhatun Miftahul Jannah (XI MIPA 1), Eka Safitri Nuraini (XI MIPA 1), Ummu Fatimah (XI MIPA 2).

Seluruh peserta merasa sangat senang dapat mengikuti lomba, meskipun akhirnya MAN 1 Karanganyar belum berhasil membawa pulang piala kejuaraan.

“Saya senang dapat mengikuti ajang bergengsi seperti ini, selain mendapatkan teman, saya juga mendapatkan pengalaman yang berharga, karena saya tahu bahwa sebaik-baik guru adalah pengalaman,” kata salah satu peserta.