30 September 2022

MAN 1 Karanganyar

Madrasah Aliyah Plus Ketrampilan dan Riset

Bina Karakter,Pembiasaan Cipta Literasi Segudang Prestasi di Tanggal 17

2 min read

Kata kebiasaan dan Pembiasaan mempunyai makna beti alias beda tipis. Kata kebiasaan cenderung mengacu kepada kegiatan rutinitas dan dapat bermakna positif ataupun negatif. Contohnya saja kebiasaan bangun siang, kebiasaan berangkat sekolah salim atau pamit pada ortu. Akan tetapi kata Pembiasaan lebih cenderung agak memaksakan untuk menuju supaya menjadi rutinitas namun ke hal yang positif. Misal Pembiasaan bangun pagi supaya masuk sekolah tidak terlambat. Pembiasaan ini identik dengan disiplin. Hal ini  dapat tercipta yang  berhubungan dengan waktu, ilmu atau bisa juga kegiatan rutinitas, seperti upacara yang dilaksanakan setiap tanggal 17 ini.    

Adapun upacara di MAN 1 Karanganyar ini di gelar di halaman MAN 1 Karanganyar Kampus 1 dengan Pembina upacara  M.Qomaruddin, M.Ag. Adapun kampus 2 Pembina upacara M. Choirul Anwar,M.Pd. Bertepatan hari Sabtu pada tanggal 17 September 2022, MAN 1 Karanganyar melaksanakan  upacara bendera  yang diikuti oleh seluruh peserta didik  dari kelas X, XI dan XII,  serta para guru dan karyawan . Adapun Pembina di kampus 1 , M. Qomarudin M.Ag, dalam amanatnya menyampaikan,

1. Bersyukur atas penciptaan yaitu Allah Swt. seperti yang ada di Surat al Mulk ayat 23

2. Mengoptimalkan kemampuan diri seperti yang ada di Surat Al-Baqoroh : 30

3. Dan perlu dilakukan selama menjadi  siswa MAN 1 Karanganyar harus mentaati peraturan Madrasah, seragam yang rapi, rambut yang rapi, masuk kelas tidak terlambat, dll. Adapun larangan yang harus kita patuhi diantaranya, dilarang membawa benda2 yang tidak berkaitan dengan belajar seperti kartu remi, domino, kartu ramal, senjata tajam, dll. 

4. Akhlakul Karimah utamanya Kejujuran, hormati guru -guru dan “Birrul walidain” berbakti kepada kedua orang tua.

Setelah upacara selesai dilanjut dengan acara penyerahan hasil lomba literasi. Dari hasil tersebut Juara Lomba literasi dan kebersihan kelas yaitu:

Juara 1 X MIPA 1  jumlah nilai 103,5  Wali kelas  Laela Astuti, M.Pd

Juara 2 XII MIPA 2 , jumlah  nilai  91 , Wali kelas Ervina, S.Pd.

Juara 3 XI Agama , jumlah nilai 88 ,5,  Wali kelas Haryati, S.S.

Juara harapan 1 XI IPS 4 , nilai  87,5 Wali kelas Dita Setyowati, S.Pd.

Juara harapan 2 X MIPA 3, nilai 87 Wali kelas Ihsan Aji, M.Pd.

Juara harapan 3  X IPS 5, nilai  86,Wali kelas Tyas Fortuna, S.Pd.

Penyerahan Hadiah oleh Dr. Hj. Lanjar Utami M. Pd.

Pendisiplinan atau pembiasaan yang diberikan orang tua kepada anak atau siswa awalnya terkesan berat, namun jika hal itu dilakukan secara rutin maka akan menjadi terbiasa yang akhirnya tercipta anak yang berkarakter, bertanggungjawab, yang dilengkapi dengan segudang pestasi yang akan menghantarkan kepada siswa menuju kesuksesan yang hakiki. Tetap berkarya, jangan takut mencoba, namun sejatinya kegagalan hanyalah milik orang -orang yang malas. Salam literasi.

@andarasinta_ jurnalistikteam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © MAN 1 Karanganyar All rights reserved. | Newsphere by AF themes.