Penilaian Akhir Tahun (PAT) tahun pelajaran 2019/2020 dilaksanakan secara darin (dalam jaringan). Sejumlah 904 siswa kelas X dan XI MAN 1 Karanganyar mengikuti Tes PAT Tahun ini. PAT secara daring dilaksanakan mulai hari ini Selasa 3 Juni 2020 dan berakhir tanggal 13 Juni 2020. Mereka melaksanakan tes di rumah-masing masing.

Terjadinya pandemi COVID-19 di Indonesia sejak pertengahan Maret mengharuskan semua siswa  belajar di rumah (Learning at Home) termasuk MAN 1 Karanganyar. Hari demi hari mereka belajar secara online melalui berbagai media, mulai E-Learning produk Kemenag RI, Google clasrom, WAG dan media lainnya.

Kebijakan pemerintah dalam rangka mencegah penularan COVID-19 dengan program Learning at home masih berlangsung sampai bulan Juni 2020. Hingga pelaksanaan akhirnya PAT sesuai Kalennder Pendidikan yang dilaksanakan pada bulan Juni siswa belum bisa belajar di madrasah. Hal ini mengharuskan madrasah menempuh jalan keluar yaitu melaksnakan Ujian Penialian Akhir Tahun (PAT secara daring (dalam jaringan. MAN 1 Karanganyar melaksnakan PAT menggunakan Google Form dan WAG. Aplikasi ini dipilih karena lebih familier dan bisa diakses semua provider yang ada.

Sebelum pelaksanaan PAT telah dialkukan Uji coba/ simulais pada Hari Selasa, 2 Juni 2020. Dari hasil simulasi tidak ditemukan kendala yang berarti.  Siswa sejumlah 904, bisa mengikuti simulasi dengan baik, walaupun ada 10 siswa yang tidak mengikuti tanpa keterangan. Menurut salah satu panitia (Muh Nashlul Ummamiel Muttaqien, S.Pd) kendala masih seputar koneksi jaringan. Kendala ada pada jaringan namun dengan koordinasi dan kerjasama dari smua pihak yakni peran proaktif dari Panitia, Wali Kelas dan Wali murid serta siswa yang bersangkutan semua dapat berjalan lancar sesuai yang diharapkanā€. Ungkapnya.

By admin