30 September 2022

MAN 1 Karanganyar

Madrasah Aliyah Plus Ketrampilan dan Riset

853 Peserta Didik MAN 1 Karanganyar Melaksanakan Penilaian Akhir Tahun Full Online Mengunakan Aplikasi Exambro

2 min read

MAN 1 Karanganyar – Penilaian Akhir Tahun merupakan kegiatan penilaian yang dilaksanakan pada akhir tahun pelajaran. Sebagaimana yang telah dilakukan di MAN 1 Karanganyar sebelumnya dalam melaksanakan penilaian baik PTS maupun PAS yang dengan menggunakan aplikasi exambro. ExamBrowser merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Pusmenjar dan merupakan browser khusus yang digunakan oleh client / peserta didik untuk mengerjakan soal-soal Asesmen Nasional. ExamBrowser memiliki tampilan yang berbeda dan dirancang dengan tingkat keamanan tinggi yang membuat peserta AN tidak dapat mengakses aplikasi lain selama mengerjakan soal AN. PAT tahun 2022 ini diikuti oleh 430 peserta didik kelas X dan 423 peserta didik kelas XII

Menurut Siwiyono, S.Pd., selaku Waka Kurikulum MAN 1 Karanganyar, memang ada beberapa kelebihan dari Penilaian online yang antara lain hasil segera bisa diketahui, pembagian soal mudah, hemat karena tidak harus mencetak lembar soal sedangkan kekurangannya, sangat tergantung dengan kekuatan sinyal dan kualitas gadget. Meskipun secara full online pelaksanaan PAT dilakukan di ruang kelas sehingga kendala-kendala dapat segera ditangani oleh guru pengawas ruangan dan tim help desk.

Dalam pantauan koordinator teknis PAT, Moh. Naslul Umamil Muttaqin, S.Pd., pelaksanaan PAT kali ini kendala pada umumnya pada 1) ijin karena siswa sakit, 2) siswa sulit login, 3) ter kendala dan kuota, 4) anak merasa sudah mengirim jawaban tetapi hasilnya belum muncul. Dan sebagai tindak lanjut permasalahan diatas Naslul menyarankan agar siswa senantiasa menjaga kesehatan, dan seraya berharap sistem internet madrasah agar segera bisa dioptimalkan agar kendala-kendala di lapangan terkait jaringan bisa lebih mudah diatasi.

Dalam setiap briefing, Dr. Lanjar Utami, M.Pd., Kepala MAN 1 Karanganyar senantiasa menyampaikan untuk segenap panitia pada khususnya dan guru beserta tendik pada umumnya untuk totalitas dalam melayani siswa sebagai wujud pelayanan prima. Dan di akhir kegiatan PAT tahun 2022, Dr. Lanjar Utami, M.Pd, menyampaikan rasa syukur dan terimakasih kepada panitia karena telah melaksanaka tugas kepanitiaan dengan setulus hati sehingga terwujudnya pelayanan prima dalam kegiatan PAT tahun 2022 ini.

MAN 1 Karanganyar ( ASZ – HUMAS )

Copyright © MAN 1 Karanganyar All rights reserved. | Newsphere by AF themes.