Sejumlah 468 siswa baru MAN 1 Karanganyar ikuti MATSMA ( Masa Ta’aruf Siswa Madrasah) Tahun Pelajaran 2019/2020. Sesuai Kaldik Matsama dimulai pada Hari Senin, 15 Juli 2019 bertempat di Kampus 2 MAN Karanganyar.

Pembukaan MATSAMA dilaksanakan pada Senin Pagi melalui Upacara dengan Pembina Kepala MAN 1 Karanganyar Dra. Lanjar Utami, M.Pd. Dalam amanatnya Lanjar Utami mengucapkan selamat kepada siswa siswi yang telah diterima di MAN 1 Karanganar. “Kalian patut bersyukur atas nikmat Alloh SWT yang telah dilimpahkan kepada kita, salah satunya bahwa kalian telah diterima di Madrasah ini. Perlu diketahui bahwa lebih dari 300 anak tidak berkesempatan belajar di MAN 1 Karanganyar karena mereka tidak lolos dalam seleksi PPDB tahun in”:i tandanya.

Lebih lanjut Kepala yang sebentar lagi menyandang gekar Doktor ini menyampaikan, agar seluruh siswa madrasah bisa memiliki kecantikan jiwa raga. “Dalam bahasa jawa ada istilah ajining rogo gumantung soko busono, ajining lati gumantung kedaling lathi”, ini agar bisa diresapi dan dilaksanakan agar kita bisa cantik luar dan dalam” Imbuhnya. Kecantikan dari luar bisa diukur dengan cara berpakaian yang rapi. Salah satu contohnya bagi siswa laki-laki tidak boleh mengenakan celana pensil atau gembyong, dan bagi perempuan agar senantiasa menutup aurotnya serta pakain tersebut agar senantiasa bersih sdan suci. Sedangkan kecantikan dari dalam atau inner beauty bisa diukur dengan ucapan, hindari bicara kotor dan jorok serta selalu basahi bibir dengan dzikir, tambahnya.

Selanjutnya secara resmi MATSAMA dibuka dengan penyematan tanda peserta oleh Kepala madrasah kepada perwakilan siswa dan siswi kemudian diikuti seluruh siswa mengenakan tanda peserta masing-masing.

Selesai Upacara Pembukaan Wakil Kepala Madrasah Urusan Kesiswaan Drs. Suliman, M.Pd. menyampaikan jadwal pelaksanaan dan pembekelan. Adapun materi MATSAMA mengacu pada buku panduan yang telah dikeluarkan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov Jateng. Selain menyampaikan jadwal Guru kelahiran Asli Madura ini menyampaikan agar seluruh peserta MATSAMA bisa mentaati Tata Tertib. “Kalian semua arus mentaati tata tertib yang ada, jaga kedisiplinan aga kalian menjadi orang yang sukses, tandasnya.

By admin