Siswa Baru MAN 1 Karanganyar tahun pelajaran 2020/2021 mengikuti MATSAMA (Masa Ta’aruf Siswa Madrasah) secara daring. Sesuai petunjuk teknis pelaksnaan MATSAMA tahun ini dimulai pada hari Senin, 13 Juli 2020.

Siswa baru sejumlah 432 yang terdiri dari 12 kelas, yakni 6 kelas regular dan 6 kelas progam keterampilan mengikuti MATSMA secara daring. Hal ini dilaksanakan mengingat kejadian luar biasa yang terjadi di dunia termasuk Kabupaten Karanganyar yakni terjadinya wabah covid-19. Pada awalnya telah diagendakan bahwa memasuki masa new normal kegiatan MATSAMA dilaksanakan secara luring / luar jaringan tatap muka di madrasah, dengan tetap melaksanakan protocol kesehatan. Semua perangkat protocol kesehatan telah disiapkan dengan baik, namun sesuai instruksi dari gugus covid, daerah yang masuk dalam zona kuning tidak diperbolehkan pengumpulan masa, termasuk kegiatan di sekolah/madrasah, sehingga semua dirubah dengan kegiatan MATSAMA secara daring/online

Siswa dengan antusias mengikuti MATSAMA secara daring. Melalui video streaming chanel you tube MAN Karanganyar yakni chanel TV MADRASAH MAN 1 Karanganyar mereka mengikuti dengan seksama. Hal ini terbukti dengan presensi melalui secara online sebagai bukti anak mengikutinya.dan juga komentar positif dalam chanel you tube.

MATSAMA di awali dengan upacara pembukaan yang juga dilaksanakan secara daring. Dalam sambutannya Kepala MAN 1 Karanganyar Dr. Lanjar Utami, M.Pd. mengucapan selamat datang di MAN 1 Karanganyar. “Selama kurang lebih 4 bulan belajar di rumah kita sama merindukan Madrasah, tak hanya tatap muka dengan guru juga bergaul dengan teman. Pendidikan yang diberikan oleh bapak ibu guru dengan tatap tidak sepenuhnya bisa digantikan dengan teknologi. Pertmuan sangat dirindukan oleh guru dan siswa komunikasi dan sosialisasi.”

“Karena pandemi corona pembalajar di awal tahun pelajaran dilaksanakan dengan memperhatikan keputusan bersama empat menteri sebagai bentuk kewaspadaan untuk mengutamakan kelesematan seluruh warga madrasah” imbunya.

Lebih lanjut Kepala madrasah menyampaikan tig hal

  1. Bahwa dalam rangka mendukung terhadap upaya pencegahan penyebaran covid-19 dimana Kab. Karanganyar masuk dalam zona kuning, maka pemeblajaran  dilaksanakaan secara Jarak Jauh dalam Jaringan Web Learning

Kegiatan MATSMA bagi kelas X tahun 2020/2021 dilaksanakan  Senin 13/sd sabtu 2020  juga secara daring dengan semboyan rumahku temat belajar ku tak kenal batas ruang dan waktu.

  • Kehadiran di web meeting juga bentuk implikasi bahwa anak-anakku adalah komunitas daring anak bangsa yang bergerak bersama menyongong kemajuan gemilang untuk negeri tanpa batas waktu dan ruang. Belajarlah dengan kesungguhan tuntaskan dalam belajar berlatih untuk bisa memimpin dan dipimpin, kalian adalah pemilik Republik Indonesia
  • Bagi Bp.ibu guru MAN 1 Karanganyar siswi yang hadir adalah amanah orang tua dan bangsa Indonesia yang dipercayakan kepada bapak ibu. Untuk itu didik dan cerahkanlah merka, mari bersama kita tingkatkan kualitas, kita harus menjadi pembelajar yang baik. Mari tumbuhkan anak didik bukan hanya untuk meraih angka tinggi dalam mata pelajaran. Namun kita berikan keteladanan dalam budi pekerti karakter kepempinan, budaya berfikir kritis komunikasi efektif bekerja sama berkreatifitas bagi semua.

By admin