Bertempat di gedung baru multimedia MAN 1 Karanganyar,  lebih dari 100 orang siswa/siswi mengikuti kegiatan woorkshop produksi konten multimedia broadcasting. Kegiatan dilaksanakan pada hari Minggu 15 Maret 2020. Sebagai pembicara adalah Bambang Eka Purnama, S.Kom dari Universitas BSI, Herlambang Gilang Produser TATV, Dr. Lanjar Utami, M.Pd (Kepsek MAN 1 Karanganyar) dan Sesar Wahyu dari TATV Direktor. Empat orang nara sumber tersebut mengajak para peserta agar serius mengikuti diklat ini, karena ilmu multimedia sangat luas dampaknya, dengan harapan setelah lulus bisa dipergunakan untuk melamar kerja, atau membuka lapangan kerja atau usaha sendiri.

Dalam proses pembelajaran ini Herlambang Gilang mengajarkan seputar produksi dibalik layar TV agar para peserta merasakan admosfir seputar dunia televisi. Sementara Bambang Eka Purnama mengajarkan tentang broadcasting Televisi. Sedangkan Sesar mebgajarkan tentang tatacara penulisan berita News. Pengenalan dasar dasar jurnalistik, teknik mencari, menulis, dan menyunting berita. Wartawan mengirim berita, di edit, lalu ditayangkan. Dalam pengiriman berita sudah menggunakan internet, atau IT dengan tujuan untuk kecepatan waktu, dan news berita.

Acara yang berjalan aman dan lancar itu dibuka secara resmi oleh Dr. Lanjar Utami Selaku Kepala Sekolah setempat. Beliau berharap agar anak anak serius dalam mengikuti workshop ini, karena ini bagian dari skill, bekal untuk melamar kerja nanti, setelah lulus.

Acara ini digelar dalam rangka untuk memperingati HUT MAN 1 Ke 42 tahun. Acara yang lain terkait dengan HUT tahun ini adalah seputar pertukaran pelajar di Arizona AS, Sarasehan Keluarga besar MAN 1 Karanganyar yang dihadiri oleh kepala Kemenag Kabupaten Karanganyar, Drs. H. Winarso, MM dan staf, Bupati Karanganyar Drs. H. Juliatmono, MM, lomba memasak serba ketan, untuk ibu dan keluarga MAN 1 Karanganyar, senam sehat keluarga MAN 1 Karanganyar, EDU Exspo MAN 1 Karanganyar, mulai tanggal 13 sampai 15 Maret 2020.

Menurut Muh. Ketua Panitia Purnawan Setiadi, S.Sos kegiatan ini bertujuan untuk membekali siswa bidang multimedia, sehingga setelah lulus nanti siwa selain bisa melanjutkan ke perguruan tinggi pavorit juga memiliki kecakapan hidup dan mampu hidup mandiri. Thema acara ini Sinergi, berinovasi untuk berprestasi. Ditambahkan program pertukaran pelajar ke Amerika ini merupakan hal yang membanggakan bagi sekolah kami, dia adalah Spartan kelas XII IPS 4. Kemudian lama pertukaran pelajar ini selama 1 tahun. Anak ini juara nasional taekwondo, juara 2 lomba bahasa Inggris di Solo, dan selalu rangking di kelasnya. Anak ini jadi kebanggan bagi keluarga dan keluarga besar sekolah, imbuh Iwan panggilan akrab ketua pania ini kepada Majalah Didik.

By admin